get app
inews
Aa Read Next : Serunya Kompetisi Memasak Inspirasi Kuliner Nusantara Bersama Bright Gas Cooking Competition 2024

Belasan Mahasiswa ITS Ikuti Kompetisi Ide Inovasi dalam Forum IIA 2024

Selasa, 08 Oktober 2024 | 19:30 WIB
header img
Direktur Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa Wisnu Hindadari (kedua dari kiri), melihat inovasi alat pemecah gelombang dari ban bekas dalam Forum IIA 2024 di ITS Surabaya, Selasa (08/10/2024). Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Belasan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengikuti kompetisi ide inovasi melalui kompetisi penyusunan poster inovasi dalam gelaran Forum Improvement & Innovation Award (IIA) 2024 yang digelar oleh Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa, di Auditorium Research Center, Kampus ITS Surabaya, Jawa Timur.

Total ada 12 inovasi meliputi aspek reduksi emisi, bio diesel dengan memanfaatkan bahan organik, filter air limbah berbasis teknologi hingga deteksi anomali instrumen industri. 

Forum yang diselenggarakan dari 8-10 Oktober tersebut sebagai upaya untuk mendukung ketahanan energi nasional dan aspek keberlanjutan. 

Dalam Forum IIA 2024 ini, Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa menghadirkan 100 tim untuk mempresentasikan inovasi-inovasinya. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan produksi migas dan efisiensi biaya demi menjawab tantangan operasional lapangan mature (brown field), serta mengembangkan operasi hulu migas yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Berbagai ide yang disajikan mencakup upaya inovasi peningkatan produksi, peningkatan cadangan, pencegahan potensi kehilangan produksi (Lost Production Opportunity/LPO), penciptaan inisiatif yang mendukung keunggulan operasi, efisiensi biaya, peningkatan kinerja di aspek kesehatan, keselamatan, keamanan dan  lingkungan (Health, Safety, Security & Environment/HSSE) hingga pengurangan emisi karbon.

Tahun ini, IIA mengusung tema “Driving Innovation: Pioneering Sustainable Energy and Community Development”, sebagai bentuk komitmen Pertamina untuk terus berinovasi dalam menciptakan keberlanjutan energi dan menjaga kelestarian lingkungan. 

Forum ini merupakan media untuk berbagi pengetahuan antar insan Pertamina. Harapannya, inovasi yang dikembangkan dapat direplikasi di wilayah kerja Pertamina lainnya, dan memupuk pengembangan ide dan inovasi yang berkesinambungan.

Direktur Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa Wisnu Hindadari mengatakan, Forum IIA memiliki misi penting, yakni menjembatani dunia bisnis, khususnya sektor minyak dan gas, dengan dunia pendidikan. Untuk tujuan itu, tahun ini Forum IIA berkolaborasi dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. 

"Kami mengajak para mahasiswa ITS untuk menyaksikan presentasi karya inovasi Perwira Pertamina. Ini kesempatan yang baik bagi mahasiswa untuk melihat bagaimana inovasi-inovasi tersebut berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan energi," katanya di ITS Surabaya, Selasa (08/10/2024).

Selain itu, kata Wisnu, agenda ini juga memberikan pengingat bahwa praktik taktis dalam mengejar produksi harus selaras dengan filosofi teknik. 

"Jangan sampai kita melenceng dari jalur, atau melanggar prinsip yang seharusnya dijunjung tinggi," ucapnya.

Rektor ITS, Ir Bambang Pramujati ST MScEng PhD IPU A.Eng, memberikan apresiasi atas pelaksanaan Forum IIA 2024. Menurutnya, inisiatif yang mengedepankan inovasi akan mampu memberikan dampak untuk menjaga keberlanjutan energi.

"Kontribusi forum ini luar biasa bagi pencapaian Tujuan Pembangunan Keberlanjutan (Sustainability Development Goals/SDGs). Kegiatan ini juga baik untuk mendekatkan citivitas academica dengan dunia industri, sehingga terbuka peluang bagi mahasiswa kami untuk menambah wawasan mereka," tutur Bambang.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut