get app
inews
Aa Read Next : Ajak Transaksi Cashless, BRI BO Kapas Krampung Gelar Bazar Ramadhan di Pasar Nambangan

HIPMI Jatim Dorong UMKM Rambah Pasar Digital

Senin, 07 Maret 2022 | 17:11 WIB
header img
Pembukaan pelatihan pasar digital untuk UMKM di kantor Dinas Koperasi & UMKM Provinsi Jatim, Senin (07/3/2022). (Foto: Ali Masduki)

Menurutnya, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu ujung tombak perekonomian Indonesia. Hanya saja, masih bayak UMKM yang belum aware terhadap digitalisasi. Untuk itu maka diperlukan kolaborasi dan gotongroyong agar UMKM naik kelas.

"Digitalisasi UMKM ini sebagai permasalahan dan PADI UMKM sebagai solusi kedepan yang ditawarkan," tuturnya.


Wakil Ketua Umum HIPMI Jawa Timur, Yusuf Karim Ungsi. (Foto: Ali Masduki)

Selain pelatihan dan workshop, lanjutnya, HIPMI Jatim juga mengawal UMKM agar terarah. Pendampingan itu mulai dari pendampingan, kurasi, hingga diarahkan ke Export Center. "Kalau pengembangn dan pelatihannya nanti ada Kadin Institute," terangnya.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Prov. Jatim, Arumi Bachsin mengapresiasi kolaborasi antara HIPMI Jatim, BUMN, Dinas Koperasi & UMKM Provinsi Jawa Timur, serta Dekranasda Provinsi Jawa Timur.

HIPMI Jatim sebagai operator dalam pembinaan UMKM. Sementara Dinas Koperasi dan UMKM membantu persiapan legalitas produk dan PADI UKM membantu pemasaran secara digital. 

"Saya rasa ini kolaborasi yang sangat strategis dan juga mengena," ujar Arumi. 

Istri Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak itu berharap dengan kehadiran ekosistem market place ini UMKM Jatim semakin bertumbuh dan naik kelas. Arumi sendiri mencatat telah banyak UMKM yang naik kelas bahkan hingga pasar ekspor. 

"Tapi yang harus kita lihat dunia bisnis baik UMKM maupun bukan UMKM ada naik turunnya. Sebetulnya yang paling penting UMKM punya resistensi terhadap perubahan adanya pandemi juga tren," terangnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut