get app
inews
Aa Read Next : Harga Tiket Ferry Untuk Perjalanan Libur Akhir Tahun

Bukan Prabu Airlangga, Candi Jolotundo Peninggalan Siapa?

Selasa, 15 Maret 2022 | 13:13 WIB
header img
Candi Jolotundo atau Petirtaan Jolotundo selalu menjadi daya tarik wisata. (Foto: Ali Masduki)

Selanjutnya, Prabu Airlangga berusaha meningkatkan kesejahteraan di bidang politik, Prabu Airlangga melakukan penyederhanaan pada sistem birokrasi pejabat pemerintahan. 

Namun, ia memberi perhatian lebih besar pada kesejahteraan rakyat yang diwujudkan dalam bentuk pemberian hadiah kepada siapa saja yang berjasa bagi raja dan pemerintah serta peningkatan pemelihara sarana umum seperti bangunan suci, bendungan dan irigasi.

Di bidang keagamaan dapat diketahui raja Airlangga memberi perhatian besar kepada kehidupan beragama di kerajaannya. Hal ini terlihat dengan selalu diikutsertakannya para pendeta didalam kegiatan-kegiatan yang diadakan pemerintah saat itu. 

Demikian juga raja Airlangga dianggap membangkitkan kembali pemujaan terhadap Wisnu, walaupun bukan seorang penganut Waisnava. 

Di bidang ekonomi, raja Airlangga melakukan beberapa perbaikan pada sarana ekonomi kerajaannya, misalnya memperbaiki bendungan Waringin Sapta sehingga mengakibatkan berfungsinya kembali pelabuhan regional Hujung Galuh. 

Di bidang sosial, ditandai dengan semakin berkembangnya pemberian hak istimewah dari raja kepada orang-orang yang telah berjasa secara individu maupun keluarga ataupun seluruh penduduk desa. Susanti (2010:4) Sehingga kerajaan Kahuripan yang di perintah Prabu Airlangga rakyatnya menjadi makmur. 

Prabu Airlangga dengan demikian dipandang masyarakat begitu terkenal dan juga wilayah Kahuripan di dekat Gunung Penanggungan, secara otomatis orang menganggap Petirtaan Jolotundo adalah peninggalan Prabu Airlangga.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut