get app
inews
Aa Read Next : Luis Suarez Meninggal Dunia, Pernah Bela Barcelona hingga Inter Milan, Ini Catatan Karirnya

Siasat Jahat Eropa Kuasai Hasil Alam Tidore dan Ternate, Ini Fakta Sejarahnya

Minggu, 20 Maret 2022 | 08:00 WIB
header img
Tidore dan Ternate, kedua daerah yang berdekatan ini memiliki hasil alam berupa cengkeh melipah hingga Spanyol dan Portugis datang untuk menguasainya

Saking suburnya cengkeh yang tumbuh di Tidore, masyarakat dari Kepulauan Banda pun sering kali berlayar dan berlabuh di kota Mareku untuk mendapatkan cengkeh yang ditukarkan dengan kain Gujarat.

Para pedagang Tidore juga membantu saudagar Banda dalam mendapatkan simpanan cengkeh. Tercatat, barang dagangan cengkeh menjadi simpanan orang Banda dalam pertukaran dengan saudagar Teluk Persia dan pesisir Arabia pada abad ke-14.


Tidore dan Ternate, kedua daerah yang berdekatan ini memiliki hasil alam berupa cengkeh melipah hingga Spanyol dan Portugis datang untuk menguasainya

Namun, masa kejayaan Tidore sontak hilang ketika Sultan Al Mansur mulai bersekutu dengan orang-orang Spanyol dalam mendirikan pasar untuk kepentingan transaksi perniagaan. Tidore yang sebelumnya bernama Tadore pada tahun 1521, menjalin aliansi perdagangan eksklusif dengan Spanyol. Padahal, aliansi tersebut akan membuat sumber daya alam dibawa ke eropa. Di tahun sebelumnya pula, Tidore telah menjadi musuh berbuyutan Ternate yang telah bersekutu dengan Portugis dan telah mereka izinkan mendirikan benteng di Ternate.

Hingga saat ini, jejak Jalur Rempah di Tidore yang terjadi di masa lampau, juga masih bisa kita rasakan. Hal ini bisa kita lihat dari peninggalan-peninggalan sejarah, seperti Benteng Tahoela, Masjid Sultan Tidore, Benteng Tsjobbe, hingga Dermaga Sultan Tidore, yang ditetapkan sebagai cagar budaya.

Sumber:

Razif & M. Fauzi. 2017. Jalur Rempah dan Dinamika Masyarakat Adat Abad X-XVI: Kepulauan Banda, Jambi dan Pantai Utara Jawa. Direktorat Sejarah.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut