get app
inews
Aa Read Next : Bersama Presiden dan Jajaran Menteri, Hendy Setiono Serahkan Zakat ke Baznas di Istana Negara

Kisah Soeharto, Anak Ulu-Ulu dan Broken Home yang Bisa Jadi Presiden

Jum'at, 25 Maret 2022 | 08:00 WIB
header img
Soeharto Kecil

Perjalanan kehidupan Presiden kedua, Soeharto tak seindah yang dibayangkan. Banyak lika-liku yang dialami semenjak kecil hingga menjadi orang nomor satu di Indonesia.

Soeharto kerap diisukan sebagai keturunan darah biru. Kehidupan yang dijalani penuh dengan kemewahan dan ketercukupan. Namun, cerita tersebut tak benar. Soeharto membantah kehidupan masa lalunya yang dikatakan sebagai anak konglomerat.

Faktanya, Soeharto merupakan anak orang yang pas-pasan. Bahkan ia menyaksikan perceraian ibunya dengan sang bapak. Pengakuan ini mematahkan isu yang berkembang, bahwa Soeharto sebagai keturunan ningrat.

Dalam buku Soeharto: Pikiran, Ucapan dan Tindakan Saya, Otobiografi yang diterbitkan PT Citra Kharisma Bunda, Presiden kedua RI ini bercerita panjang lebar.

Ingatannya tentang perjalanan hidup ini bermula ketika berumur tiga tahun. Waktu itu Soeharto sudah bersama Mbah Kromodiryo, dukun yang biasa menolong orang melahirkan. Nama panggilannya adalah Mbah Kromo, adik kakeknya Soeharto, mbah Kertoirono.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut