get app
inews
Aa Read Next : Indonesia Berduka, Jejak Sang Penerobos Rizal Ramli Telah Berpulang, Ini Catatan Perjalanan Karirnya

Alumni Al Azhar Ungkap 13 Ketokohan Rizal Ramli

Jum'at, 25 Maret 2022 | 16:13 WIB
header img
Dr Rizal Ramli. (Foto: Dok Pribadi)

SURABAYA, iNews.id - Adalah Dr KH M. Iqbal Kliwo. Alumni Gontor dan Universitas Al Azhar Kairo. Dia mengaku mengagumi sosok Dr Rizal Ramli

Rizal Ramli (RR) disebut memenuhi ciri-ciri khas atau syarat-syarat utama kepemimpinan dalam Islam. Bahkan secara faktual ia menyebut RR adalah tokoh bangsa, hati nurani dan nawa cita Bangsa Indonesia. 

"Doktor Rizal Ramli bukan hanya nyata, tetapi sangat super spesial," ungkap KH Iqbal, Jumat (25/3/2022). 

RR, demikian, dia dipanggil, menurut Dr Iqbal dapat dikatakan sebagai tokoh yang sangat luas dan mendalam. Dia menyebut sosok ekonom senior ini juga terintegrasi dengan segala keperluan mendasar rakyat serta keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Bahkan Dr Iqbal memiliki catatan faktual dalam mengikuti perjalanan hidup dan perjuangan Rizal Ramli. 

Pertama, ketokohan RR merupakan orisinil. Ia terbina, tumbuh dan berkembang sejak masa kanak-kanak, remaja dan mahasiswa. Ketokohan yang lahir secara natural sejak usia sekolah. 

RR adalah S-1 Jurusan Teknik Fisika, Institut Teknologi Bandung dan berhasil menyelesaikan pendidikan Doktor Ekonomi di Boston University. 

Mantan tokoh pergerakan mahasiswa, ahli ekonomi dan politisi Indonesia. Di tingkat internasional, Rizal pernah dipercaya sebagai anggota tim panel penasehat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama beberapa tokoh ekonom dari berbagai negara lainnya.

"Jadi bukan karbitan di tengah jalan," ujarnya. 

Ketokohan ini memiliki empati yang sangat mendalam kepada rakyat dan bangsa. Tidak peduli dengan jabatan jika sudah menyangkut kepentingan rakyat, mau berkorban kedudukan dan turun ke jalan memimpin unjuk rasa. 

Bahkan karena ingin fokus mengabdi pada negara dan bangsa Indonesia, Rizal pernah menolak jabatan internasional sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Economic & Social Commission of Asia and Pacific (ESCAP) yang ditawarkan PBB pada November 2013 silam. 

"Ketokohan yang sangat gagah perkasa menghadapi gelombang ujian dalam perjuangan menegakkan keadilan dan kepentingan rakyat," tambahnya. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut