get app
inews
Aa Read Next : Semilir Eco Park, Destinasi Wisata Unik Semarang yang Wajib Dikunjungi, Sensasinya Tak Terlupakan!

Mengenal Candi Adan-Adan yang Dikabarkan Besarnya Seperti Candi Borobudur

Rabu, 06 April 2022 | 08:00 WIB
header img
Temuan situs Candi Adan-Adan yang berada di Dusun Candi, Desa Adan-Adan, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri.

SURABAYA, iNews.id – Banyak kerajaan-kerajaan besar mulai terkuak di Indonesia. Fakta ini diketahui setelah situs-situs masa lalu terdeteksi, seperti Candi Borobudur yang berada di kawasan Yogyakarta dan mencerminkan kecanggihan kerajaan-kerajaan masa lampau.

Terbaru temuan situs Candi Adan-Adan yang berada di Dusun Candi, Desa Adan-Adan, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Candi ini memiliki karakter unik, bahkan dikabarkan bakal sebesar Candi Borobudur yang telah terkenal di dunia.

Saat ini, Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslitarkenas), sebuah lembaga di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, terus melakukan penelitian arkeologi di Situs Candi Adan-Adan di Dusun Candi, Desa Adan-Adan, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan tahun ke-5 dari awal kegiatan yang dilakukan sejak 2016, 2017, 2018 dan 2019.

Candi Adan-Adan adalah salah satu cagar budaya peninggalan Masa Kadiri. Pada periode ini, jejak-jejak peninggalan arsitektural masih jarang ditemui dan meninggalkan sejumlah misteri. Hal inilah yang mendorong para peneliti dan arkeolog untuk menelisik dan mendalaminya lebih jauh.

Kegiatan di Situs Candi Adan-Adan ini masih mengambil tema Penelitian Arkeologi Situs Candi Adan-Adan Tahap ke-5 (Tinjauan Arsitektur, Religi dan Kronologi). Penelitian berlangsung pada 3 Juni sampai dengan 16 Juni 2021. Tim peneliti terdiri dari 11 orang yang diketuai Sukawati Susetya

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut