get app
inews
Aa Read Next : Semilir Eco Park, Destinasi Wisata Unik Semarang yang Wajib Dikunjungi, Sensasinya Tak Terlupakan!

Mengenal Candi Adan-Adan yang Dikabarkan Besarnya Seperti Candi Borobudur

Rabu, 06 April 2022 | 08:00 WIB
header img
Temuan situs Candi Adan-Adan yang berada di Dusun Candi, Desa Adan-Adan, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri.

Arkeolog era konolial Belanda, J Knebel memberitakan bahwa pada tahun 1908 di halaman kantor Kabupaten Kediri terdapat beberapa artefak yang berasal dari berbagai tempat di Kediri. Selanjutnya dikatakan bahwa terdapat arca Dwārāpala yang berasal dari Candi Gempur (Candi Adan-Adan). (Knebel. J 1908, 292-293).

"Dari penelitian yang sudah dilakukan selama empat tahap (2016, 2017, 2018 dan 2019) dapat dirangkum hasilnya sebagai berikut: Candi Adan-Adan merupakan bangunan candi yang terbuat dari dua bahan, yaitu batu dan bata. Struktur candi bagian luar menggunakan batu sedangkan batu isiannya menggunakan bata. Teknologi pembangunan seperti ini juga ditemukan pada Candi Surowono dan Candi Tegowangi, kedua candi dari periode Majapahit itu berada di Kediri," kata Sukawati.

"Komponen bangunan candi, seperti kāla, mākara, stūpa dan arca-arca dibuat menggunakan batu andesit. Sepasang mākara yang masih in situ dapat dilihat keberadaannya di Situs Candi Adan-Adan karena berada di permukaan tanah setinggi 30 cm adalah mākara yang berada di depan candi induk Adan-Adan. Sedangkan dua mākara yang lebih kecil dari sepasang mākara tersebut diduga merupakan mākara candi perwara. Di sebelah sepasang mākara tersebut terdapat arca dwārapala berdiri setinggi 2 meter," sambungnya.

Dia menambahkan, temuan-temuan yang masih di situ yakni mākara, dwārapala dan bangunan candi, mempunyai orientasi yang sama, yaitu ke barat laut. Karena itu dapat diasumsikan bahwa candi Adan-Adan menghadap ke barat laut.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut