SURABAYA, iNews.id – Pemerintah Kota Surabaya agresif untuk memamerkan produk unggulan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Saat acara HUT ke-22 Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Kota Bandar Lampung, Pemkot menunjukan produk-produk lokal.
“Hari ini (Minggu, 29/5/22) kegiatan terakhir di Apeksi, pemkot sudah memamerkan produk unggulan UMKM,” kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji di Surabaya.
Menurut Armuji, kota sebagai tumpuan inovasi dan pemulihan ekonomi, sehingga perlu dilakukan penyamaan persepsi. “Dari hal kecil, harus digaungkan semangat bangga menggunakan produk lokal. Itu harus didukung dengan kebijakan dan politik anggaran yang berpihak pada UMKM,” ujarnya.
Untuk itu, kata dia, Kota Pahlawan turut berpartisipasi dalam Expo Produk Unggulan HUT Ke-22 Apeksi dengan menampilkan produk unggulan UMKM dari Surabaya Kriya Gallery (SKG). Terdapat sekitar 3 ribu jenis produk UMKM di SKG mulai dari fesyen, kerajinan, dan kuliner dari 500 merek UMKM. Kehadiran SKG ini menjadi jujukan mencari buah tangan bagi wisatawan sekaligus memperluas jangkauan produk-produk UMKM Kota Surabaya.
“Kalau kangen Surabaya, ada banyak varian oleh-oleh di SKG. Kualitasnya tidak kalah dengan yang bermerk,” ujar dia.
Editor : Arif Ardliyanto