Sendi Panggul Rusak, Implan Tulang Pinggul Lokal Ciptaan Dosen ITS Ini Bisa Jadi Gantinya

Ali Masduki
Fahmi Mubarok ST MSc PhD saat melakukan proses uji coba pemasangan implan total hip arthroplasty (THA) di laboratorium. (Foto: Humas ITS)

Finalis European Inventor Awards 2022 ini mengatakan bahwa ukuran femoral yang paling banyak digunakan di Indonesia memiliki panjang berkisar 115-160 sentimeter. 

Lantas, ukuran femoral head offset orang Indonesia lebih pendek 35 milimeter apabila dibandingkan dengan orang Swiss atau Prancis (47 milimeter) dan India atau Pakistan (40 milimeter). 

Namun, femoral head tetap dibuat dengan ukuran internasional yaitu dengan diameter 22 sampai 44 milimeter.

Alumnus Norwegian University of Science and Technology itu lantas menyebutkan beberapa produsen implan THA yang banyak digunakan di Indonesia, yaitu DePuy Synthes dari Amerika Serikat, Medacta International SA dari Swiss, dan Implantcast GmbH dari Jerman. 

Implan tim ITS mengadopsi sistem dengan alat pemasangan ortopedi milik DePuy Synthes, sehingga desain DePuy Synthes menjadi landasan dalam proses desain implan,” ungkap lelaki berusia 44 tahun itu.

Alasan masih digunakannya desain eksisting atau desain yang sudah ada dalam perancangan implan lokal adalah karena penanaman implan dilakukan menggunakan alat bantu. 

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network