Sendi Panggul Rusak, Implan Tulang Pinggul Lokal Ciptaan Dosen ITS Ini Bisa Jadi Gantinya

Ali Masduki
Fahmi Mubarok ST MSc PhD saat melakukan proses uji coba pemasangan implan total hip arthroplasty (THA) di laboratorium. (Foto: Humas ITS)

SURABAYA, iNews.id - Dosen dari Departemen Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Fahmi Mubarok, bersama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya menciptakan implan Total Hip Arthroplasty (THA) lokal yang disesuaikan dengan ukuran tulang pinggul masyarakat Indonesia.

THA merupakan operasi yang dilakukan untuk mengganti sendi panggul yang rusak atau bermasalah karena penyakit seperti osteoporosis, dengan sendi baru buatan melalui pemasangan implan. 

Riset ini telah dirancang sejak 2019 dan direncanakan berlangsung hingga 2024 mendatang yang bertujuan akhir berupa komersialisasi desain THA, dengan diiringi pengawasan serta pengembangan dari implan yang diciptakan.

Pembuatan model THA lokal ini dilakukan karena implan yang beredar di Indonesia seluruhnya masih diimpor dari luar negeri. 

Fahmi mengatakan, ukuran implan impor tersebut masih belum disesuaikan dengan anatomi atau morfometri masyarakat Indonesia. 

“Desain implan tulang (impor) memiliki ukuran lebih besar karena dibuat berdasarkan anatomi penduduk Eropa dan Amerika yang notabene merupakan ras Kaukasoid,” tutur Fahmi.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network