Wisatawan Mancanegara dari Arab Saudi ke Jatim Turun, Jumlahnya Bikin Tercengang

Arif Ardliyanto
Kunjungan wisatawa mancanegara mengalami penurunan. Badan Pusat Statistik Jawa Timur (BPS Jatim) melaporkan secara global kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Jawa Timur menurun hingga 98,03 persen. foto Sindonews

SURABAYA, iNews.id - Kunjungan wisatawa  mancanegara mengalami penurunan. Badan Pusat Statistik Jawa Timur (BPS Jatim) melaporkan secara global kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Jawa Timur menurun hingga 98,03 persen dibandingkan tahun 2020 yang berjumlah 35.035 kunjungan.

Melansir laman resmi BPS Jatim dalam laporan Statistik Pariwisata Provinsi Jawa Timur 2021 tanggal 23 September 2022, tercatat bahwa penurunan kunjungan wisatawan mancanegara terjadi di semua kawasan.

"Penurunan kunjungan wisatawan mancanegara ini dikarenakan pandemi COVID-19 yang sedang melanda dunia," ujar Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan.

Penurunan terbesar terjadi pada wisatawan mancanegara yang berasal dari Kawasan Timur Tengah, yaitu sebesar 99,39 persen. Jika pada tahun 2020 jumlah wisatawan mancanegara dari kawasan Timur Tengah yang berkunjung ke Provinsi Jawa Timur sebagian besar berasal dari Saudi Arabia yaitu mencapai 59 kunjungan atau sebesar 0,17 persen terhadap total wisatawan mancanegara, pada tahun 2021 hanya terdapat 1 kunjungan wisatawan yang berasal dari Yaman.

Dadang menjelaskan, kunjungan wisatawan mancanegara yang berasal dari ASEAN mengalami penurunan kedua terbesar setelah wisatawan mancanegara dari Kawasan Timur Tengah yaitu sebesar 98,94 persen.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network