Kisah Gunung Semeru Yang Menyimpan Banyak Misteri

Rexy Arya Pratama
Gunung Semeru, Gunung tertinggi di Pulau Jawa lebih tepatnya di daerah Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Foto Okezone

SURABAYA, iNews Surabaya.idGunung Semeru merupakan gunung berapi yang berada di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini menjadi gunung berapi tertinggi ketiga setelah gunung kerinci dan rinjani. Merapi memiliki ketinggian mencapai 3.676 mdpl.

Dikisahkan pada tahun 1838 ada seorang ahli geologi melakukan pendakian pertama di Gunung Semeru ia bernama Clignet dan Winny Brigita. Mereka mendaki dengan menempuh jalur dari arah barat daya. Pada tahun 1945 pendakian umum dilakukan melalui Ranu Pani dan Ranu Kumbolo.

Mengenai Legenda di Gunung Semeru. Menurut kepercayaan orang Jawa yang ditulis pada kitab Tantu Pagelaran yang berasal dari masa Majapahit abad ke-15. 

Dikisahkan bahwa Batara Guru memerintahkan dewa Wisnu dan dewa Brahma untuk mengisi kekosongan pulau Jawa dengan Manusia. Batara Guru menyuruh untuk memindahkan puncak gunung meru di India untuk dijadikan paku bumi di pulau Jawa karena pada saat itu pulau Jawa masih berada di atas lautan dan terombang-ambing. 

Awal mulanya, puncak Gunung Meru itu diletakkan dibagian barat pulau Jawa. Namun, hal tersebut membuat bagian timur pulau Jawa terangkat. Akhirnya terjadi keputusan dengan membagi dua puncak gunung meru itu, satu diletakkan dibagian barat pulau Jawa dan sekarang bernama Gunung Penanggungan, dan satu diletakkan dibagian Timur pulau Jawa dengan nama Gunung Semeru. 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network