Trik Buat Batik Ecoprint secara Praktis, Ini yang Diajarkan Mahasiswa Untag Surabaya

Arif Ardliyanto
Mahasiswa Untag Surabaya memberikan pembelajaran membatik Ecoprint di Mojokerto. Foto iNewsSurabaya/ist

Pada pelatihan ecoprint ini diawali dengan adanya edukasi mengenai Batik Ecoprint yang di sampaikan oleh Dra. Yulyar Kartika Wijayanti. Tidak hanya pengertian dan gambaran umum yang disampaikan. Tetapi juga proses, jenis kain dan menunjukkan contoh hasil karya batik ecoprint yang terbaik hingga yang hasilnya kurang maksimal. 

Setelah penyampaian edukasi mengenai batik ecoprint, peserta langsung diarahkan ke pelatihan pembuatan Batik Ecoprint. Pelatihan ini dibagi berdasarkan sasaran yang ditargetkan. "Untuk pelatihan pertama, diarahkan ke pembuatan Batik Ecoprint dengan Metode Pounding menggunakan Totebag pada para remaja Desa Bening. Langkah pertama dalam metode ini yaitu dengan memberikan alas plastik pada totebag, kemudian menyusun motif dan corak batik dengan dedaunan dan dilapisi dengan plastik agar tidak menembuh pada totebag," ungkapnya. 

Selanjutnya Metode Pounding atau memukulkan palu keatas dedaunan dilakukan agar zat warna pada daun tersebut menempel pada kain. Dan langkah akhir pada proses ini yaitu dengan merendam air yang bercampur dengan tawas selama beberapa saat agar warna daun tidak pudar.

Kemudian dilanjut dengan Metode Steam dengan menggunakan Kain Syal yang di targetkan pada ibu PKK dari Desa Pohjejer dengan Desa Padi. Dalam pembuatan Batik Ecoprint setiap peserta dibebaskan membuat motif serta corak batik sesuai kreativitas para peserta. 

Langkah pertama dari metode ini yaitu dengan merendam kain syal pada air yang dicampur dengan bahan mordan atau yang disebut dengan proses mordanting selama 30 menit, setelah selesai kemudian kain syal tersebut diperas dan diletakkan diatas plastik. Kemudian menyusun motif dan corak batik dengan dedaunan yang telah disediakan. Pada peletakan kain ini ada 2 (dua) cara yaitu dengan cara mirror dan tumpuk 2 kain. 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network