Siasat Bang Yok dalam Mempertahankan dan Mengembangkan Entitas Bisnis

Ali Masduki
Prasetyo Hadi Susanto atau Bang Yok saat berada di Aipel Computer. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

Pemilik bengkel mobil NEW FAST ini mengingatkan, selama ini banyak pengusaha yang lupa pentingnya pengelolaan keuangan yang baik. Rata-rata para pengusaha energinya habis untuk memikirkan provit dan strategi, akan tetapi lupa ada hal yang tidak pernah dipahami terjadi, seperti pandemi atau krisis. 

"Jadi dana cadangan dan dana darurat penting. Kita harus punya pengelolaan keuangan yang baik. Usaha itu bukan berapa yang dihasilkan tetapi berapa yang disimpan," ucapnya. 

Untuk mensiasati bagaimana mengelola keuangan, teknologi menjadi penunjang utama. Pemanfaatan teknologi bisa mempercepat dalam memperoleh informasi, cepat menghasilkan laporan yang bisa diolah kembali untuk pijakan kedepan. Kerja auditor pun akan cepat dan mudah, sehingga kebocoran-kebocoran bisa dihindari.

"Dari beberapa rekan ada yang lemah dari sisi pembukuan. Karena tekadang kebijakan datang ada histori. Jadi angka dan data bisa diolah untuk pijakan kedepan," imbuhnya.

Baca Juga :

Biar Mobil Tidak Mogok Saat Mudik, Teknisi Bengkel NewFast Sarankan Hal Ini !

Sebagai pengusaha yang sukses di beberapa sektor, tentunya sudah bisa dibayangkan bagaimana padatnya jadwal Prasetyo. Namun ternyata dirinya tidak pernah lupa, bahwa ia memiliki sosok orangtua dan istri. Bang Yok memiliki waktu khusus untuk orang-orang tercintanya.

Karena menurutnya, sukses itu bukan hanya ditopang dari strategi dan aplikasi dari teori belaka. Akan tetapi ada sosok disisinya yang sangat mendukung. Yakni orangtua dalam hal ini sosok ibu dan istri sebagai tiang doa.

Putra bumi Blambangan ini sangat memuliakan ibunya dan tidak bosan-bosan meminta doa ibu. Bahkan dalam mengambil keputusan, dia selalu berdiskusi dengan istri tercintanya.

Itulah kiat-kiat dan siasat mempertahankan usaha yang bisa diambil dari pengalaman Prasetyo Hadi Susanto. Selama ada kemauan keras dan perencanaan yang baik, serta memahami produknya dari hulu sampai hilir, maka pengusaha akan bisa bertahan dan berkembang.

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network