Cara Unik Rayakan HUT RI di Jungle Cafe, Robek Bendera Belanda Lewat Media Tumpeng

Ali Masduki
Inilah Tumpeng Kemerdekaan yang disajikan oleh Jungle Cafe. Pengunjung bisa robek bendera Belanda lewat media tumpeng ini. Foto/Jungle Cafe

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Ada-ada saja ide kreatif Jungle Cafe Gruop. Pada momen perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) tahun ini, Jungle Cafe mengajak ritual yang berbeda dari biasanya. Yakni Robek Bendera Belanda Lewat Media Tumpeng.

Cara Unik rayakan HUT RI tersebut rupanya terinspirasi dari ritual arek-arek Suroboyo yang rutin menggelar rekonstruksi perobekan bendera Belanda. Acara yang biasanya digambarkan lewat aksi teaterikal itu digelar di Hotel Yamato atau kini Hotel Majapahit, di Jl. Tunjungan Surabaya.

Founder Jungle Hospitality Management (JHM), Danny Budiman mengakui bahwa timnya memang sengaja mengulik kisah heroik para pahlawan kemerdekaan yang dituangkan dalam sebuah tumpeng. Hal itu guna merawat kesadaran agar generasi masa kini tidak lupa sejarah.

Selain itu, kata dia, pihaknya ingin mencoba membuat suguhan yang berbeda di setiap outlet kafe dibawah JHM. 

"Ini adalah cara bagi kami untuk merayakan Hari Kemerdekaan bersama dengan para tamu yang hadir ke outlet kami," terangnya saat ditemui di Cafe Tenda Surabaya.

Danny memberikan nama tumpeng yang digunakan untuk ritual kemerdekaan ini "Tumpeng Kemerdekaan". Jika biasanya tumpeng berwarna kuning, kali ini disulap menjadi warna Merah, Putih, dan Biru layaknya warna bendera Belanda.

Layaknya tumpeng pada umumnya, nasi yang disajikan dengan bentuk kerucut ini, juga disajikan dengan berbagai lauk seperti Ayam, Kentang goreng, Sambel. 

Menariknya, bagi pengunjung yang memesan menu ini ada cara khusus untuk menikmatinya. Dimana, komposisi tumpeng merah putih bisa diambil secara terpisah dengan warna Biru, sebagai simbil perobekan bendera seperti yang dilakukan oleh para pejuang saat itu.

"Agar para tamu juga merasakan semangat "Sobek Bendera" seperti yang dilakukan oleh para pejuang kala itu. Tujuannya tentu, untuk menggugah rasa nasionalisme kita bersama, melalui media Tumpeng Kemerdekaan ini, dan setelah itu kita "MERDEKA" dengan makan, menikmati Tumpeng Kemerdekaan ala kami," tutup Pria kelahiran kota Pahlawan ini. 

Menu Tumpeng Kemerdekaan ini tersedia beberapa outlet JHM, Jungle Cafe Trawas, Mojokerto, Sehati Cafe Trawas Mojokerto, Juga di House Of River Side Kediri.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network