Terminal Petikemas Surabaya Resmikan Dua Layanan Baru, Pemeriksaan Fumigasi dan Kulit Mentah Garaman

Ali Masduki
Aktivitas pemeriksaan kulit mentah garaman di TPS. Foto/Dok TPS

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS), anak perusahaan dari Sub Holding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) meresmikan layanan baru, yakni Pemeriksaan Fumigasi dan Kulit Mentah Garaman.

Layanan baru TPS itupun sukses diimplementasikan sejak tanggal 1 Februari 2024 untuk Layanan Fumigasi, dan 15 Februari 2024 untuk Layanan Pemeriksaan Kulit Mentah Garaman. 

Adapun Volume Petikemas yang melakukan kedua layanan tersebut sampai saat ini adalah total sebanyak 59 boxes. Rinciannya, 26 box untuk petikemas 20 feet dan 33 box untuk petikemas 40 feet. 

Layanan Fumigasi dan Pemeriksaan Kulit Mentah Garaman di TPS sebagai lini 1 tersebut mendukung Badan Karantina Indonesia (Barantin) dalam memastikan keamanan barang impor, dan mengendalikan risiko masuknya hama penyakit hewan karantina dan organisme pengganggu tumbuhan karantina. 

Melalui layanan ini, TPS menyediakan fasilitas yang mendukung komitmen terhadap kepatuhan dalam pemenuhan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 12/permentan/ot.140/3/2015 Tahun 2015 Tentang Tindakan Karantina Hewan dan Tumbuhan Terhadap Pemasukan Media Pembawa Hama Penyakit Hewan Karantina dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina di Tempat Pemeriksaan Karantina selain sebagai bentuk dukungan TPS terhadap Ekosistem Logistik Nasional.


Aktivitas fumigasi di TPS.

 

Direktur Pengelola PT Pelabuhan Indoneisa (Persero) Putut Sri Muljanto mengatakan, pemeriksaan fumigasi dan kulit mentah garaman di TPS merupakan wujud kontribusi signifikan dalam upaya meningkatkan kinerja logistik nasional, juga untuk memperbaiki iklim investasi, meningkatkan daya saing perekonomian nasional secara menyeluruh serta sebagai upaya penguatan implementasi komitmen anti korupsi di Pelabuhan.
 
“Penyediaan layanan ini merupakan bagian dari penataan ekosistem logistik nasional untuk mendorong investasi, kemudahan berusaha, dan pertumbuhan ekonomi  berkelanjutan,” ungkap Putut.

Sebelumnya, importir yang akan melakukan pemeriksaan fumigasi dan kulit mentah garaman harus memindahkan petikemas dari lini 1 di TPS ke lokasi fumigasi dan pemeriksaan kulit garaman

Dalam hal ini, importir baru dapat melakukan pemindahan ke tempat pemeriksaan setelah mendapatkan kepastian jadwal petugas karantina, sehingga petikemas akan lebih lama berada di dalam terminal yang menyebabkan tingginya biaya logistik.

Namun, dengan adanya layanan pemeriksaan fumigasi dan pemeriksaan kulit mentah garaman di TPS, importir dapat langsung berkoordinasi dengan petugas karantina segera setelah petikemas yang memerlukan pemeriksaan dibongkar dari kapal. 

Hal ini memungkinkan hasil pemeriksaan dapat diketahui secara langsung tanpa penundaan sehingga memudahkan importir serta meningkatkan efisiensi dalam proses logistik mereka.

Direktur Utama TPS, Wahyu Widodo menjelaskan bahwa peluncuran layanan baru pemeriksaaan fumigasi dan kulit mentah garaman yang berkolaborasi dengan perusahaan fumigator yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Pengendalian Hama Indonesia (ASPPHAMI) diharapkan dapat meningkatkan daya saing industri kepelabuhanan dan logistik nasional.

“Importir dapat menentukan sendiri perusahaan fumigator yang akan melakukan pemeriksaan asalkan yang bekerjasama dengan TPS dalam melaksanakan layanan fumigasi," terangnya.

Pemeriksaan fumigasi dan kulit mentah garaman ini juga mendapat dukungan dari pemangku kepentingan, seperti Balai Karantina, Bea Cukai, dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak. 

Kolaborasi ini menekankan pentingnya membangun kemitraan untuk mendorong inovasi dan keunggulan operasional dalam industri pelabuhan.

Sari, salah satu pelanggan yang memanfaatkan layanan baru ini mengungkapkan bahwa dengan adanya pemeriksaan fumigasi dan kulit mentah garaman di TPS ini sangat membantu kita sebagai pengguna jasa. Prosesnya juga lebih mudah dan cepat karena semua dilakukan secara online.

"Kami sangat terbantu dengan adanya layanan ini di TPS, selain dapat meningkatkan efisiensi waktu dalam proses pemeriksaan, kami juga tidak perlu repot untuk membawa petikemas keluar dari terminal hanya untuk dilakukan pemeriksaan. Hal ini tentu saja membantu mengoptimalkan efisiensi biaya yang timbul,” ungkap Sari.

Dengan hadirnya 2 (dua) layanan baru ini, TPS berkomitmen untuk menyediakan layanan terbaik yang tidak hanya memastikan keamanan barang, tetapi juga memberikan nilai tambah bagi seluruh rantai pasokan logistik. 

Proses pemeriksaan di lini pertama juga memastikan kepatuhan terhadap standar operasional dan prosedur serta standar layanan yang ditetapkan.

Implementasi layanan ini juga menghadirkan efektivitas dan efisiensi layanan yang tinggi, serta mendorong transparansi usaha dalam seluruh proses logistik.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network