25 Narapidana Beragama Budha di Jatim Hukumannya Berkurang, Ini Syarat yang Dibutuhkan

Arif Ardliyanto
Ilustrasi-Sebanyak 25 Narapidana Beragama Budha di Jatim dapat remisi. Foto iNewsSurabaya/tangkap layar

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Waisak tahun ini memberikan berkah tersendiri bagi 25 narapidana beragama Budha di Jawa Timur. Mereka tidak hanya merayakan perayaan agama mereka, tetapi juga mendapat kelegaan dalam bentuk pemotongan masa pidana atau yang biasa disebut remisi.

Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Heni Yuwono mengatakan remisi ini diberikan secara khusus hanya kepada narapidana yang beragama Budha. "Remisi ini bersifat khusus untuk narapidana beragama Budha," ujarnya.

Besaran remisi yang diberikan bervariasi, mulai dari 15 hari hingga 2 bulan, tergantung pada masa pidana yang telah dijalani oleh narapidana tersebut. "Semakin lama masa pidananya, semakin besar remisinya," tambah Heni.

Untuk memenuhi syarat mendapatkan remisi, narapidana harus menunjukkan perilaku baik selama kurun waktu remisi berjalan. "Perilaku baik ini dinilai melalui penilaian pembinaan narapidana secara rutin," jelas Heni.

Selain itu, ada syarat lain yang harus dipenuhi, seperti menjalani pidana minimal enam bulan untuk narapidana dan tiga bulan bagi anak binaan, serta menunjukkan penurunan tingkat risiko berdasarkan penilaian instrumen screening penempatan narapidana.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network