Serangan Brutal Rombongan Kiai NU dan Banser Muncul, PBNU Gerak Cepat Tenangkan Massa di Surabaya

Arif Ardliyanto
Ketua PBNU Gus Yahya bersama Sekjen PBNU Gus Ipul memberikan keterangan pers di Surabaya. Foto iNewsSurabaya/arif

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Malam yang seharusnya tenang di Kabupaten Karawang berubah menjadi mencekam saat sekelompok orang tak dikenal (OTK) secara brutal menyerang rombongan kiai Nahdlatul Ulama (NU) dan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di Jalan Irigasi Warungdoyong, Rengasdengklok. Serangan ini tidak hanya mengakibatkan luka-luka pada salah satu anggota rombongan, tetapi juga mengguncang ketenangan warga NU di berbagai wilayah.

Serangan ini terjadi ketika KH Ikhsanudin Al Badawi, Rois MWC NU Cikarang, Kabupaten Bekasi, bersama anggota Banser, tengah dalam perjalanan menuju Pondok Pesantren Al Bagdadi untuk menghadiri pengajian manaqib. 

Lokasi pondok yang tidak jauh dari Polsek Rengasdengklok ternyata tak menjadi jaminan keamanan, saat puluhan OTK tiba-tiba menghadang mobil yang ditumpangi kiai tersebut. Aksi kekerasan pun tak terhindarkan, menyebabkan Ao Ulumudin, salah satu jemaah, mengalami luka serius.

Menanggapi kejadian tersebut, Ketua Umum PBNU, KH. Yahya Cholil Staquf, segera bergerak dengan menggelar konferensi pers di kantor PCNU Surabaya, Senin malam (12/8/2024). Dalam keterangannya, Gus Yahya, begitu ia akrab disapa, menduga kuat bahwa insiden ini berkaitan dengan kontroversi yang belakangan mencuat terkait nasab habaib, khususnya isu yang melibatkan kelompok Baalawi. 

“Ada perbedaan pendapat yang muncul, namun saya meminta semua pihak untuk saling menghormati dan tidak menjadikan ini bahan olok-olok,” tegasnya.

Lebih lanjut, Gus Yahya menyerukan agar seluruh pihak menahan diri dari pernyataan-pernyataan yang bisa memicu ketegangan. PBNU pun telah bergerak cepat dengan mengadakan rapat virtual bersama PWNU Jawa Barat serta PCNU Karawang dan Bekasi. 

"Kami telah menginstruksikan kepada pengurus NU di Jawa Barat untuk segera menempuh jalur hukum, dan Alhamdulillah, kepolisian sudah mulai memproses kasus ini," tambahnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network