Antisipasi Musim Hujan 2024, Pemprov Jatim Revitalisasi Sungai Kemuning di Kabupaten Sampang

Lukman Hakim
Pemprov Jatim Revitalisasi Sungai Kemuning di Kabupaten Sampang. Foto iNewsSurabaya/lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Menjelang akhir tahun 2024, Kabupaten Sampang bersiap menyambut datangnya musim hujan. Warga tidak perlu khawatir, karena Pemprov Jawa Timur (Jatim) telah melakukan berbagai upaya pencegahan dan penanganan banjir selama lima tahun terakhir untuk mengatasi dampak luapan Sungai Kemuning.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Jatim, Baju Trihaksoro, menyampaikan kabar menggembirakan terkait penanganan Sungai Kemuning. "Alhamdulillah, jika dulu banjir di Sampang bisa bertahan hingga 3-4 hari, kini air sudah surut dalam 1 hingga 2 jam," ujarnya pada Jumat (4/10/2024).

Capaian ini berkat fokus Pemprov Jatim pada perbaikan infrastruktur, termasuk pembangunan rumah pompa, pemasangan site pile, dan normalisasi sungai secara besar-besaran.

Selama lima tahun terakhir, lima rumah pompa di Sampang telah dioptimalkan untuk menangani banjir. Rumah Pompa Teratai dan Delima, masing-masing dengan kapasitas 4,7 ribu liter per detik, serta Dagbukor yang mampu memompa hingga 9,5 ribu liter per detik, menjadi kunci utama penanganan banjir. 

Sementara itu, Rumah Pompa Bahagia dan Kajuk, dengan kapasitas 3,6 ribu liter per detik, juga turut andil dalam mengurangi dampak banjir di kawasan pemukiman.

Selain itu, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) juga telah membangun CCSP sepanjang 7 km dan melakukan normalisasi 9 km aliran sungai, dengan total anggaran mencapai Rp 120 miliar sejak 2017.

Untuk semakin memaksimalkan pengendalian banjir, Pemprov Jatim juga sedang membangun sudetan di Desa Polagan Sampang sepanjang 3,5 km, yang diproyeksikan selesai tahun depan dengan anggaran Rp 5 miliar. 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network