Seru! Ratusan Orang Berburu Ikan saat Bendungan Sungai Balongsono Jombang Dikuras

Zainul Arifin
Ratusan Orang Berburu Ikan saat Bendungan Sungai Balongsono Jombang Dikuras. Foto iNewsSurabaya/zainul

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Ratusan orang dari berbagai daerah berbondong-bondong memadati aliran sungai gunting di Dam atau bendungan Balongsono, Desa Talunkidul, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (15/10/2024).

Mereka datang sejak pagi hari untuk berburu ikan di sungai balongsono yang dikuras untuk dilakukan pembersihan. Menggunakan alat penangkap ikan seperti jaring, seser, maupun tangan kosong, ribuan warga turun ke sungai yang airnya sudah surut.

Pencari ikan asal Balongombo Jombang, Heti Asmana mengaku datang ke sungai Balongsono Jombang sejak pagi hari bersama sejumlah orang temannya untuk mencari ikan dengan jala berukuran sedang. Dalam beberapa jam menjaring, kata Heti, dirinya berhasil mendapatkan puluhan kilogram ikan berbagai jenis. Hasil tangkapan itu sebagian akan langsung dijual dan sebagian lagi dibawa pulang.

"Ke sini jam 10.00 WIB sampai 15.00 WIB. Dapat ikan bader, wader, mujair, udang. Dapat 20 kg. Ya rencana dimasak sendiri, diberikan tetangga, juga dijual lah," kata Heti sembari menunjukkan ikan hasil tangkapannya.

Heti menyebut, dirinya memang menunggu tradisi tangkap ikan di sungai yang alirannya tembus brantas itu. Sebab, ikan-ikan yang ada di sungai tersebut besar-besar. Selama pencarian, sebut Heti, berlangsung seru.

“Memang sengaja ke sini untuk cari ikan ramai-ramai. Memang agak sulit menangkapnya, tapi memang mencari ikan ya begitulah. Pokoknya seru, ramai-ramai di sungai," kata pria 50 tahun ini.

Hadi Sucipto (52) relawan bendungan Balongsono Jombang mengungkapkan tradisi mencari ikan saat bendungan dikuras tersebut berlangsung setiap satu tahun sekali. Setiap tahunnya acara itu sangat ditunggu oleh warga.

"Warga setiap tahun memang menunggu. Mereka yang datang mencari ikan tidak hanya dari sini saja, ada yang dari Mojoagung, Sumobito bahkan ada dari kabupaten lain. Kami imbau warga juga untuk berhati-hati," katanya.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network