Ritual Ibu Negara Baru, Tiga Srikandi Jawa Timur Ambil Tanah ‘Kramat’ Situs Kumitir Majapahit

Arif Ardliyanto
Gubernur Khofifah ditemani Walikota Mojokerto, Ika Puspitasri dan Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengambil tanah keramat Mojokerto.

MOJOKERTO, iNews.id – Perjuangan untuk menyatukan nusantara  tak mudah. Butuh perjuangan panjang dan tenaga yang cukup untuk bisa tercatat sebagai penyumbang membangun Ibu kota Negara (IKN) yang disebut ‘Nusantara’.

Daerah melakukan ritual, karena setiap provinsi di Indonesia diminta untuk membawa tanah ke IKN, Kalimantan Timur. Perjuangan untuk membawa tanah juga terjadi di Jawa Timur. Salah satu lokasi tanah yang akan dibawa ke IKN adalah Situs Kumitir yang berada di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.

Lokasi ini tak mudah untuk dijangkau, akses jalan menuju Situs Kumitir jalannya rusak parah. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang mengambil langsung tanah tersebut merasakan, bagaimana sulitnya mengambil tanah di area tersebut. Butuh perjuangan yang cukup sulit, karena jalan terjal terpampang panjang kedepan.

Bukan hanya Gubernur, rombongan yang ikut menyaksikan sejarah pengambilan tanah dari Bumi Majapahit juga merasakan, bagaimana tingkat kesulitan menuju situs tersebut. Penentuan tanah peninggalan Kerajaan Majapahit ini telah tentukan dengan melakukan ritual. Selain itu, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur juga telah mengetahuinya.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network