get app
inews
Aa Read Next : Pemalsu Merk dan Izin Edar di Surabaya Dituntut Pidana 4 Bulan

Sengketa Lahan Kosong di Bibir Suramadu, PN Surabaya Sidang di Tempat

Jum'at, 09 September 2022 | 17:04 WIB
header img
Sidang ditempat perkara sengketa lahan kosong di pantai Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (09/9/2022). Foto: iNewsSurabaya.id/Ali.

SURABAYA, iNews.id - Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya menggelar sidang ditempat untuk menyelesaikan sengketa lahan kosong di pantai Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (09/9/2022). 

Lahan kosong seluas 2.390 meter persegi yang berada di bibir Suramadu, Jalan Tambakwedi, Surabaya ini tertera atas nama Tanah Yasan milik R. Soetopo yang meninggal pada 1994.

Sengketa berawal ketika tanah dijual oleh Sendang Ngawiti yang mengaku sebagai istri sah R. Soetopo.

Namun, Proses jual beli berikutnya adalah batal demi hukum, apalagi hibah ke Walikota Surabaya. Karena tidak ditemukan data valid atau legalitas dari Surat Nikah resmi sebagai istri. 

Sedangkan pihak penggugat merupakan keluarga pemilik lahan, almarhum R Sutopo. Sementara pihak tergugat 
adalah para ahli waris penjual lahan atau anak-anak dari almarhumah Sendang Ngawiti, yang dahulu mengklaim dirinya sebagai istri Sutopo. Kemudian satu tergugat adalah pihak Pemkot Surabaya karena menerima tanah hibah dari pihak pembeli. 

Kuasa hukum keluarga R Sutopo, Impi Yusandar mengatakan, keberadaan plang serta legalitas kepemilikan lahan sejak tahun 1977 berupa letter C dan kretek desa telah menjadi bukti di pengadilan atas Perkara Nomor dan 1090.

"Sudah sekian tahun lalu area ini di-plang atas kepemilikan hak atas nama keluarga Sutopo yang saat ini dijadikan bukti," terangnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut