get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Umat Hindu Jatim Hadiri Perayaan Dharma Santi 2024 di Taman Candra Wilwatikta

ITS Rajai Robocup Asia-Pasific 2021

Selasa, 30 November 2021 | 13:51 WIB
header img
Sosok di balik tim IRIS ITS yang berlaga dalam Robocup Asia-Pasific 2021. (Foto: ITS for iNewsSurabaya/Ali)

SURABAYA, iNews.id - Tim robot IRIS Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merajai kompetisi RoboCup Asia-Pacific 2021.

Pada kompetisi yang dihelat selama lima hari dan berakhir pada Senin (29/11) ini, ITS keluar sebagai juara II pada kategori Video Challenge dan juara IV pada kategori Scientific Challenge. 

Salah satu official tim IRIS, Natasya Septina Arinti, mengungkapkan bahwa kompetisi ini merupakan kompetisi robotika internasional yang bertujuan mempromosikan penelitian robotika dan tantangan Artificial Intelligence (AI) secara publik, khususnya di wilayah Asia Pasifik. 

“Kompetisi ini diselenggarakan secara hybrid yang berpusat di daerah Aichi, Jepang,” katanya.

Terdapat delapan kategori yang dilombakan. Di antaranya adalah RoboCup Soccer, RoboCup Rescue, RoboCup Home, RoboCup Industrial, RoboCup Junior, RCAP Challenges, RCAP Industry League, dan RCAP Demonstrations. 

“Tim IRIS sendiri hanya mengikuti kategori RoboCup Soccer, khususnya Middle Size League (MSL),” kata Natasya.

Pada kategori tersebut, lanjutnya, terdapat dua buah challenge yang diujikan. Yakni Video Challenge dan Scientific Challenge. 

Untuk kategori Video Challenge, setiap tim diminta untuk membuat sebuah video yang berisi pengalaman perlombaan yang pernah diikuti, riset robot-robot lain, jurnal, hingga promosi robotika. 

“Sedangkan pada Scientific Challenge, kami diminta untuk melakukan riset dan mempresentasikan materi robot milik tim IRIS,” jelas gadis kelahiran Pasuruan, 25 September 2001 tersebut.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut