get app
inews
Aa Read Next : Universitas Ciputra Sumbang Gazebo untuk Kenyamanan Santri di Pondok Alam Mahapatih Narotama

Mengenal Pemasaran Tong Tji Tea House Ditengah Pandemi, Sebuah Studi Kasus Bisnis Minuman Modern

Kamis, 19 Januari 2023 | 13:38 WIB
header img
Tong Tjie adalah salah satu merek dari produk teh yang cukup terkenal di masyarakat. Foto iNewsSurabaya/ist

Manajemen Tong Tji Tea House telah menetapkan STP (Segmented, Target, Positioning) yang sesuai. Segmentasi dari bisnis ini adalah keluarga atau seluruh anggota keluarga yang dapat menikmati produk dari Tong Tji. Target pasar seperti ini jauh lebih luas daripada sekadar anak muda atau pegawai kantoran.

Sedangkan, dari segi harga, Tong Tji Tea House memberikan harga yang terjangkau sehingga ramah di kantong konsumen. Maka dari itu, positioning dari Tong Tji Tea House adalah restoran keluarga yang menawarkan makanan yang bisa disukai keluarga di Indonesia dengan harga yang terjangkau. Makanan yang ditawarkan beragam, ada makanan berat, minuman, hingga snack. Mulai dari bakso, rawon, soto, tahu pong, pisang goreng dan lainnya.

Untuk minumannya, tak hanya menyediakan teh seperti namanya, Tong Tji Tea House juga menyediakan minuman kekinian seperti milk tea, cappuccino, matcha dan lainnya. Untuk harga minuman, Tong Tji mematok mulai dari harga Rp9.000 hingga Rp21.000, untuk harga makanan ringan dimulai dari harga Rp17.000-Rp21.000, sedangkan makanan beratnya berada pada harga mulai dari Rp26.000-Rp40.000. Untuk memaksimalkan penjualan,

Tong Tji Tea House membuka outletnya di tempat-tempat yang ramai untuk berkumpulnya keluarga, seperti mall. Tak hanya melayani pesna di tempat, untuk menyesuaikan kondisi era pandemi dan new normal, Tong Tji Tea House juga melayani pemesanan secara daring melalui aplikasi pemesanan makanan, seperti Grab-food dan Go-food.

Advertising

Strategi advertising atau periklanan yang dilakukan oleh Tong Tji Tea House adalah melakukan beberapa jenis bentuk iklan, seperti iklan cetak, iklan audio, hingga iklan di media sosial. Isi pesan iklan berisi informasi mengenai pembukaan gerai baru, informasi menu, dan harga produk. Lalu, fokus utama Tong Tji Tea House di kawasan Semarang adalah, pertama, jujur, yakni memberi konsumen sesuai dengan apa yang diiklankan. Kedua, iklan mudah dipahami oleh konsumen. Adapun isi pesan iklan harus sesuai dengan realita yang ada di outlet, bukan sekedar bujukan yang berujung mengecewakan.

Sales Promotion

Sales promotion atau promosi penjualan yang dilakukan oleh Tong Tji Tea House adalah melakukan promosi paket penjualan seperti membuat paket hemat, voucher makanan dan minuman, voucher diskon, hingga kerjasama dengan pihak lain seperti Grabfood, Gofood, Shopeepay, atau bank tertentu. Proses yang dilakukan Tong Tji Tea House dalam menyampaikan promosi penjualan adalah, menyampaikan kegiatan promosi seperti bundling, potongan harga melalui akun Instagram resmi. Lalu, bekerjasama dengan pihak terkait untuk membantu melakukan promosi, seperti pihak mall membantu menyampaikan kegiatan promosi yang sedang dilakukan di Tong Tji Tea House di mall. Tak hanya itu, Tong Tji Tea House juga menggunakan siaran Whatsapp yang dilakukan oleh manajemen dan karyawan, sehingga informasi yang dibagikan dapat tersebar dari mulut ke mulut. Terakhir, Tong Tji Tea House juga bekerja sama dengan food blogger, jika terdapat peluncuran menu baru atau pembukaan outlet.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut