get app
inews
Aa Read Next : Universitas Ciputra Sumbang Gazebo untuk Kenyamanan Santri di Pondok Alam Mahapatih Narotama

Mengenal Pemasaran Tong Tji Tea House Ditengah Pandemi, Sebuah Studi Kasus Bisnis Minuman Modern

Kamis, 19 Januari 2023 | 13:38 WIB
header img
Tong Tjie adalah salah satu merek dari produk teh yang cukup terkenal di masyarakat. Foto iNewsSurabaya/ist

Personal Selling

Manajemen Tong Tji Tea House area Semarang mengungkapkan bahwa kegiatan personal selling merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Personal selling ini dilakukan oleh karyawan, khususnya para pramusaji yang langsung melayani konsumen. Para pramusaji telah mendapatkan pelatihan terlebih dahulu mengenai produk yang dijual Tong Tji Tea House beserta detail kustomisasi nya. Misalnya es batu atau tingkat kemanisan pada minuman bisa dikurangi, atau makanan tertentu bisa diminta agar tidak pedas. Pramusaji bertugas menjelaskan jika konsumen mengajukan pertanyaan, mencatat pesanan khusus sesuai permintaan konsumen, merekomendasikan produk, dan membujuk konsumen untuk mencoba atau menambahkan produk tertentu. Konsumen Tea House Tong Tji mengungkapkan bahwa kegiatan personal selling sangat membantu mereka untuk lebih mengenal menu atau produk baru sehingga tertarik untuk mencoba menu lainnya. Selain itu, mereka juga menyampaikan bahwa para pegawai Tea House Tong Tji melakukan kegiatan personal sales dengan ramah sehingga mereka merasa senang.

Public Relations and Publicity

Publisitas dan kehumasan penting dilakukan untuk menjaga reputasi dan mendapatkan eksposur dari kegiatan yang telah dilakukan Tong Tji Tea House. Kegiatan kehumasan Tong Tji masih berkisar pada kegiatan sosial. Salah satunya di masa pandemi adalah memberikan konsumsi kepada dokter dan perawat yang bertugas sebagai garda terdepan Covid-19 di sebuah rumah sakit. Selain berdampak pada pembangunan reputasi, kegiatan PR dan publisitas Tong Tji Tea House ini juga mampu mendorong penjualan. Salah satunya terjadi saat seorang pelanggan mengetahui Tong Tji Tea House bisa saja mengantarkan konsumsi untuk sumbangan ke rumah sakit. Konsumen pun ingin melakukan kegiatan amal serupa dan akhirnya memesan di Rumah Teh Tong Tji.

Digital Marketing

Strategi lainnya yang tidak kalah penting adalah Digital Marketing. Guna menjangkau pasar yang lebih luas dan merespon perkembangan teknologi komunikasi, Tong Tji Tea House juga melakukan digital marketing. Manajemen Tong Tji Tea House menggunakan berbagai platform seperti Instagram, website, Facebook, dan Whatsapp broadcast. Selain itu, mereka juga berkolaborasi dengan aplikasi pemesanan makanan untuk memasarkan produknya. Dari sekian banyak media yang digunakan Tea House Tong Tji di area Semarang, Instagram merupakan salah satu media digital marketing yang paling efektif selama ini. Salah satu kemudahan yang dirasakan manajemen dalam menggunakan digital marketing adalah jangkauannya yang luas, biaya yang terjangkau, dan konten yang dapat diatur. Secara khusus isi media sosial Tong Tji Tea House dibuat dengan memperhatikan beberapa hal. Pertama, membuat menu sesuai standar penyajian, serta selera; kedua, mengambil foto produk; ketiga, editing, menyusun caption apa yang akan disampaikan; keempat, mengunggahnya ke media sosial. Konsumen Tong Tji Tea House mengatakan bahwa konten yang disajikan menarik, sederhana, jelas, dan terlihat mewah. Selain itu, konsumen juga menyukai berbagai konten interaktif dan mengajak mereka untuk terlibat, seperti acara giveaway

Semua strategi IMC yang telah dilakukan ini berhasil membantu Tong Tji Tea House untuk bangkit kembali pasca pandemi. Berbagai adaptasi dan penyesuaian yang dilakukan untuk menghadapi perubahan perkembangan teknologi antara lain adalah dengan berkolaborasi dengan financial technology dan aplikasi pemesanan makanan secara online. Tak hanya itu, penggunaan digital marketing juga terbukti efektif untuk membantu penjualan dengan biaya yang terjangkau. Keberhasilan strategi IMC yang dilakukan oleh Tong Tji Tea House diharapkan dapat menjadi acuan bagi pelaku usaha FnB di Indonesia untuk bertahan dan mengembangkan usahanya di tengah tantangan dan perubahan yang ada.

Penulis :

Hadjar Chanissa Nur Malika

Mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut