get app
inews
Aa Read Next : Mudik Asyik BUMN 2024, PT Pegadaian XII Surabaya Berangkatkan 200 Orang, Ini Rutenya

Menengok Budaya Petik Padi di Banyuwangi, Nyaris Punah Tak Ada Perhatian dari Pemerintah

Selasa, 21 Maret 2023 | 10:35 WIB
header img
Banyuwangi memiliki banyak cara tradisional untuk mensyukuri nikmat yang diterima, salah satunya budaya petik padi. Foto iNewsSurabaya/siswanto

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id – Banyuwangi memiliki banyak cara tradisional untuk mensyukuri nikmat yang diterima. Salah satunya budaya petik padi yang dilakukan sewaktu petani akan memanen hasil tanamanannya selama ini.

Dulu, tradisi ini menjadi satu keharusan sebagai rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa. Namun, tradisi ini mulai punah. Meski tak banyak yang melakukan tradisi ini, sekelompok warga juga melakukannya. Mereka berada di Desa Tapanrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi  yang mamih mempunyai tradisi metik padi atau wiwitan menjelang panen padi, (20/3/2023). 

Namun tradisi tersebut kini jarang ditemukan dan nyaris punah, padahal tradisi metik padi ini sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu kala. Tetapi, karena perkembangan zaman, tradisi ini semakin hari ditinggalkan para petani itu sendiri.

"Disisi lain, petani Desa Tapanrejo masih melestarikan tradisi metik padi maupun wiwitan menjelang panen padi," ujar Slamet. 

Pemilik sawah yang siap panen tersebut, Slamet, mengatakan bahwa iring - iringan warga yang membawa tumpeng yang berisikan ingkung ayam dan sesajen atau cok bakal dan oborampe dibawa menuju sawah untuk digelar  upacara metik padi," terangnya. 

"Bahkan diarea persawahan itu, para emak - emak bergerombol dan menggelar doa bersama untuk mengucap rasa syukur atas panenan padi kali ini," tambah Slamet.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut