get app
inews
Aa Read Next : Relawan Pilar 08 Gak Mau Lengah, Malam Tahun Baru Tetap Kerja Politik dan Atur Strategi Pemenangan

Al dan El, Putra Musisi Ahmad Dhani Merapat Gerindra, Ini Kata Pakar Politik

Jum'at, 05 Mei 2023 | 08:01 WIB
header img
Prabowo Subianto mengenalkan secara langsung Ahmad Al Ghazali Kohler (AL) dan Ahmad Jalaluddin Rumi (El) yang bergabung ke Partai Gerindra. Foto/Sindonews

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Ahmad Al Ghazali Kohler (AL) dan Ahmad Jalaluddin Rumi (El), dua putra musisi kondang Ahmad Dhani, resmi terjun ke dalam dunia politik.

Di hadapan para awak media, keduanya secara langsung diperkenalkan sebagai kader Partai Gerindra oleh Prabowo Subianto selaku ketua umum. Berita itu lantas menuai berbagai komentar pro dan kontra dari warganet.

Dosen Ilmu Politik, FISIP UNAIR, Hari Fitrianto  menilai, fenomena masuknya kalangan selebritas ke ranah politik menjelang pemilu merupakan hal yang wajar.

“Saya rasa wajar karena memang sistem demokrasi kita memperbolehkan,” katanya.

Hari menjelaskan, secara garis besar terdapat dua sistem pemilihan umum, yaitu open-list dan close-list. Pada sistem close-list, partai politik memegang wewenang secara penuh untuk menentukan kandidat yang akan duduk di kursi eksekutif maupun legislatif.

Sementara itu, pada sistem open-list, para pemilih memiliki andil besar dalam mengusung kandidat pejabat politik secara langsung.

Dengan kata lain, open-list memungkinkan terjadinya perluasan partisipasi masyarakat untuk menduduki kursi parlemen.

Dalam sistem open-list, sambung Hari, salah satu variabel utama yang memengaruhi keberhasilan kandidat adalah popularitas.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut