get app
inews
Aa Read Next : Saleh Mukadar Terpilih Ketua ASPEKINDO Jatim 2024-2029, Berikut Susunan Pengurusnya, Ada Bambang DH

Insiden Candi Ijo Yogyakarta, Gus Yaqut Turun Tangan, Pastikan Data Ulang Fungsi Candi Indonesia

Jum'at, 12 Mei 2023 | 20:50 WIB
header img
Aktivis Toleransi juga Ketua Umum atau Pendiri Ormas Garda Militan Nusantara, Tengku Zanzabella menuai sorotan. Foto iNewsSurabaya/ist

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Aktivis Toleransi juga Ketua Umum atau Pendiri Ormas Garda Militan Nusantara, Tengku Zanzabella menuai sorotan. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas turun langsung merespon insiden yang melibatkan Aktivis Toleransi saat akan beribadah di Candi Ijo Yogyakarta.

Gus Yaqut panggilan akrab Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku telah meminta Dirjen Bimas Hindu turun secara langsung melihat fakta lapangan. Menurutnya, umat Hindu harus diberi kesempatan untuk beribadah di Candi, termasuk Candi Ijo Yogyakarta.

"Pagi tadi saya sudah perintahkan (lagi) Dirjen Bimas Hindu untuk memfasilitasi penggunaan candi-candi untuk beribadah umat Hindu dengan berkoordinasi lebih progresif dengan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud," kata Gus Yaqut.

Gus Yaqut meminta setiap permasalahan keagamaan diselesaikan dengan kepala dingin dan mencari solusi dalam satu meja. "Toh kita tahu, Indonesia ini kuat karena keragaman yang terjaga damainya. Kalau ada yang coba-coba mempolitisir, abaikan saja. Apalagi ini tahun politik. Pasti ada yang ingin dapat panggung," ujarnya.

"Pegang saja kuat-kuat keyakinan kita tanpa harus melepaskan ke-indonesia-an kita. Salam Pancasila!" pungkasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut