get app
inews
Aa Read Next : Prihatin Perang, LAZISNU Surabaya Saluran Sumbangan ke Palestina

KASAL Optimis Indonesia Jadi Pusat Peradaban Maritim Terbesar di Dunia

Kamis, 13 Januari 2022 | 14:47 WIB
header img
Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, mewisuda sebanyak 113 Perwira dan Bintara lulusan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL). (Foto: Dispen)

SURABAYA, iNews.id - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Yudo Margono optimis bangsa Indonesia bisa mewujudkan cita-cita besar sebagai poros maritim dunia.

"Bangsa Indonesia telah memiliki cita-cita yang besar di bidang kemaritiman, yaitu pada tahun 2045 dapat mewujudkan Indonesia Sebagai Pusat Peradaban Maritim Terbesar di Dunia," tegasnya dalam Wisuda Pascasarjana (S2) Angkatan VII, Sarjana (S1) Angkatan XL dan Diploma (DIII) Angkatan XIV Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), di Gedung Graha Samudera Bumimoro Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/01/2022).

KASAL menyebut, cita-cita besar tersebut bisa dicapai melalui penguasaan, pemanfaatan dan pendayagunaan ilmu pengetahuan dan teknologi secara tepat, sehingga Indonesia dapat menjadi  kuat dan makmur berbasis kemaritiman.

Dengan demikian penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kemaritiman, termasuk keangkatanlautan memiliki urgensi dan peran yang sangat strategis.  

"Kini dan ke depan, pada gilirannya tingkat kesiapan teknologi (technology readiness level) yang dicapai oleh suatu bangsa atau negara telah menjadi ukuran kemajuan yang dicapai bagi suatu bangsa atau negara," terangnya.

BACA JUGA:

20 Mahasiswa S2 Asro dan 37 Mahasiswa D3 STTAL Lulus Sidang Yudisium Tahun 2022

Dalam kesempatan ini, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, juga menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studinya di STTAL secara tepat waktu.  

Menurutnya, keberhasilan tersebut perlu diapresiasi dan disyukuri sebagai bentuk prestasi yang telah dicapai setelah melalui suatu perjuangan yang cukup lama, dan membutuhkan kegigihan, ketekunan, keuletan, kecerdasan, kesamaptaan yang prima, dan kepribadian yang baik.

Sementara itu Komandan STTAL, Laksma TNI Ir Avando Bastari, menambahkan bahwa lulusan STTAL siap ditempatkan di satuan-satuan strategis yang membutuhkan pemikiran dan keahlian dibidang teknologi pertahanan. 

Avando memaparkan, hingga saat ini alumni STTAL sudah mencapai sebanyak 2056 yang tersebar di satuan-satuan strategis TNI. Bahkan sudah banyak diantara mereka yang telah menduduki jabatan bintang satu sampai dengan bintang tiga. 

"Alumni STTAL banyak yang menjadi tokoh-tokoh penting yang ahli di bidang teknologi pertahanan, baik di kancah nasional maupun internasional," tandasnya. 

 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut