get app
inews
Aa Read Next : Naik Gerobak Sapi, Ganjar Diarak Ratusan Ribu Warga Keliling Solo Tempat Lahir Gibran

Pengamat Politik Sebut Ganjar Dapat Dukungan Signifikan dari Ajengan di Jawa Barat

Senin, 09 Oktober 2023 | 17:53 WIB
header img
Pengamat Politik Sebut Ganjar Dapat Dukungan Signifikan dari Ajengan di Jawa Barat. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Bakal calon presiden (bacapres) 2024, Ganjar Pranowo, melakukan safari politik ke berbagai pesantren di Provinsi Jawa Barat. Kunjungan Ganjar itu mendapat sambutan apik, khususnya dari para kiai dan ajengan.

Pengamat politik Adi Prayitno menuturkan, kunjungan Ganjar ke Jabar sangat wajar dilakukan. Dikatakannya, provinsi tersebut menjadi ‘battle ground’ lantaran jadi salah satu wilayah dengan jumlah pemilih terbanyak. Adi menilai safari politik Ganjar di Jabar akan berpengaruh signifikan terhadap dukungan kepadanya

“Tentu Jabar signifikan, karena Jawa Barat itu merupakan provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak se-Indonesia,” kata Adi dihubungi wartawan, Senin (9/10). 

Dilansir dari website KPU, terdaapt 204.807.222 pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024. Jawa Barat menjadi provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak yakni 35.714.901 pemilih.

Kemudian disusul Jawa Timur sebanyak 31.402.838 pemilih, Jawa Tengah 28.289.413 pemilih, Sumatera Utara 10.853.940 pemilih, dan Banten 8.842.646 pemilih.

Terkait kunjungan yang dilakukan ke pesantren dan menemui para kiai serta ajengan, Adi mengatakan itu tidak lepas dari track record keluarga Ganjar. Yakni sang istri, Siti Atikoh yang merupakan keturunan kiai NU yang disegani.

“Artinya memang keluarga besar Ganjar itu adalah keluarga besar kiai, keluarga besar pesantren. Jadi wajar kalau kemudian penerimaan Ganjar Pranowo di Jawa Barat signifikan,” ucapnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut