get app
inews
Aa Read Next : Relawan Peran: Satu Putaran Lebih Mempercepat Rekonsiliasi Pasca Pilpres

Ini Pendapat Pengamat Soal Peluang Pilpres Satu Putaran di Jatim

Rabu, 31 Januari 2024 | 12:18 WIB
header img
Peluang Pilpres Satu Putaran di Jatim versi pengamat. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pengamat Sosial Politik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Fahrul Muzaqqi menyebut, di Jawa Timur (Jatim) sangat terbuka peluang Pemilihan Presiden (Pilpres) bisa berlangsung satu putaran.

Menurutnya,  salah satu pasangan capres-cawapres yang berpeluang menang di satu putaran ini adalah pasangan nomor urut 2. Ada beberapa faktor yang berpotensi memenangkan pasangan calon (paslon) ini. "Saya melihat beberapa data hasil survei, dari komparasi beberapa data survei yang saya amati, ini lembaga survei yang sudah dikenal kredibilitasnya, itu sudah menunjukan prosentase yang siginifikan," ungkap Fahrul, Selasa (30/1/2023). 

Fahrul merinci, secara nasional per awal Januari sampai akhir Januari 2024, trend paslon tersebut terus mengalami kenaikan. Sementara pada pasangan Anies-Muhaimin mengalami kenaikan yang tidak begitu signifikan. "Kalau awal Januari hasil surveinya sudah 48 persen. Saya rasa sangat mungkin diakhir Januari sudah bisa mendekati 50 persen," urainya.

Faktor kedua, masih kata Fahrul, simpul-simpul ketokohan di banyak bidang yang terdapat di paslon ini. Antara lain, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, mantan Gubernur Jatim Soekarwo dan juga mantan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf. "Pakde Karwo dan Gus Ipul itukan sudah pernah pegang Jawa Timur, jadi ketokohannya itu jelas ada efeknya di Jatim," ungkapnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut