get app
inews
Aa Read Next : Target Ambisius Partai Gerindra, Ingin Kuasai 24 Daerah dalam Pilkada Serentak di Jatim

Tingkatkan Produktivitas Tebu Dan Gula Di Jatim, Disbun Jatim Gelar Bimtek Bongkar Ratoon

Rabu, 24 April 2024 | 17:04 WIB
header img
Kepala Disbun Jatim Heru Suseno saat memberikan keterangan pada wartawan. Foto iNewsSurabaya/lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Dinas Perkebunan (Disbun) Jawa Timur (Jatim) terus berupaya meningkatkan produktivitas tebu di berbagai daerah Jatim.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan bimbingan teknis (bimtek) kepada petani tebu tentang teknik bongkar ratoon yang tepat. Agar benih tebu yang tidak produktif bisa diperbaiki, sehingga hasilnya meningkat.

Kepala Disbun Jatim Heru Suseno mengatakan, program Bimtek terhadap petani tebu itu digelar di dua tempat yakni kabupaten Probolinggo dan Malang. Acara yang diberi nama Pertemuan Bimbingan Teknis Bongkar Ratoon tersebut dihadiri oleh 20 kelompok petani. 

Selain menerima bimbingan, para petani juga menerima bantuan bibit tebu berkualitas, agar hasil panen mereka bisa meningkat.

“Kita selalu berkomitmen membantu petani agar produksi tanaman tebu mereka meningkat. Salah satunya dengan rutin melakukan sosialisasi ke petani agar mereka bisa mempunyai pengetahuan tentang  teknik budidaya tebu yang baik dan benar: Selain itu petani juga perlu pengetahuan untuk pengolahan tanah, penanaman, pemupukan, pengairan, pengendalian hama dan penyakit, dan panen,” katanya, Rabu (24/4/2024).

Dia mengatakan, para petani juga diberi pemahaman tentang cara bongkar ratoon yang tepat, agar perkembangan tebu yang ditanam bisa maksimal. “Para petani perlu pengetahuan cara membongkar ratoon yang benar dan perawatan setelah bongkar ratoon,” tambahnya.

Seperti diketahui, bongkar ratoon merupakan teknik penting dalam budidaya tebu untuk meningkatkan produktivitas dan keuntungan petani. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut