get app
inews
Aa Read Next : Korupsi Pengadaan Lahan di Rorotan, Pengusaha Zahir Ali Diperiksa KPK, Begini Pernyataan Jubir

Askonas dan KPK Kolaborasi Bangun Dunia Usaha Tanpa Suap

Rabu, 12 Juni 2024 | 07:47 WIB
header img
Askonas dan KPK Kolaborasi Bangun Dunia Usaha Tanpa Suap. Foto iNewsSurabaya/lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Para pelaku dunia usaha di Jawa Timur didorong untuk menghindari praktik suap yang selama ini kerap membayangi berbagai proyek. Kegiatan ini diinisiasi oleh Asosiasi Kontraktor Nasional (Askonas) Jawa Timur bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam acara bertema "Sosialisasi Implementasi Panduan Cegah Korupsi" yang digelar di Hotel Primebiz Surabaya pada Selasa, 11 Juni 2024.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh DPC Askonas se-Jawa Timur dan Sumatera secara daring. Direktur Antikorupsi Badan Usaha KPK, Aminudin, menegaskan pentingnya pengusaha untuk menaati aturan anti-suap dan memprioritaskan integritas daripada formalitas. 

"Pencegahan korupsi harus dilakukan secara menyeluruh di semua sektor, mulai dari pemerintahan, migas, kehutanan, hingga kontraktor," ujarnya.

Aminudin menyebut bahwa ada lebih dari dua juta perusahaan yang harus diedukasi mengenai pentingnya anti korupsi. "Melalui Askonas, kita mendekati sektor usaha ini. Selain itu, kegiatan ini juga membahas implementasi terkait pajak. Anti Korupsi Badan Usaha (AKBU) menjadi salah satu fokus utama kami," tambahnya.

Ketua Umum DPP Askonas, Muhammad Lutfi Setyabudi, menekankan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam dunia usaha. "Pancasila harus dihadirkan untuk memerangi suap dengan membentuk sikap, norma, dan nilai-nilai yang menolak segala bentuk korupsi dalam kehidupan sehari-hari. Integritas, kejujuran, dan etika harus ditegakkan dalam semua aspek kehidupan," tegas Lutfi.

Ia juga menambahkan bahwa penanganan suap bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau lembaga hukum, tetapi juga memerlukan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat, termasuk dunia usaha.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut