get app
inews
Aa Read Next : Bank Jatim Fasilitasi Pasar Induk Among Tani dengan Sistem Transaksi yang Lebih Canggih

Fitur Live Chat di Website Bisnis: Manusia atau Robot?

Selasa, 22 Maret 2022 | 15:19 WIB
header img
Saat ini, transaksi jual beli secara digital semakin berkembang pesat. (Foto: Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Saat ini, transaksi jual beli secara digital semakin berkembang pesat. Salah satunya karena dipicu oleh pandemi Covid-19 yang membuat orang semakin nyaman berbelanja via online. 

Berdasarkan report TrenAsia, nilai belanja produk lewat website/aplikasi e-commerce di Indonesia naik sebesar 67%. Dari Rp671 triliun menjadi Rp1.001 triliun. Angka itu diprediksi akan terus meningkat hingga 100% atau lebih pada 2025.

Dengan bisnis yang kian mengadopsi penggunaan teknologi, pelayanan dari penjual untuk calon pembeli juga dilakukan menggunakan teknologi. 

Pelanggan yang memasuki toko online dan tidak bisa menemukan informasi tentang produk yang mereka butuhkan, bisa keluar dari toko online itu begitu saja. Adanya fitur Live Chat yang dipasang pada website bisa menekan kemungkinan tersebut.

Fitur Live Chat menjadi fitur wajib yang kini harus dimiliki toko online atau website bisnis. Lewat fitur Live Chat, pelanggan bisa berkomunikasi langsung dengan pemilik bisnis jika mereka memiliki pertanyaan atau masalah. Dan jika jawaban yang diterima pelanggan cukup memuaskan, kepercayaan pelanggan juga bisa meningkat.

Menurut data dari Forester, hadirnya fitur live chat bahkan bisa meningkatkan penjualan hingga 40%. Akril Valerat Deainert Wierfi, Product Manager Niagahoster, mengatakan, hal tersebut disebabkan karena beberapa calon konsumen seringkali merasa ragu saat akan melakukan pembelian terhadap suatu produk, dan keberadaan fitur Live Chat bisa meyakinkan pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut