get app
inews
Aa Read Next : BPJS Ketenagakerjaan Dukung Armada Mudik Gratis dan Berikan Perlindungan Jaminan Sosial Pengawak Bus

Tingkatkan Kepatuhan, BPJS Ketenagakerjaan Gandeng DPD SPN Jawa Timur

Selasa, 29 Maret 2022 | 07:54 WIB
header img
BPJamsostek menggandeng DPD SPN Jawa Timur untuk meningkatkan kepatuhan Badan Usaha dalam penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan.(Foto: iNewsSurabaya.id)

SIDOARJO, iNews.idBPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek terus berupaya meningkatkan kepesertaan para pekerja di sektor formal.

Salah satunya dengan menggandeng DPD SPN Jawa Timur melalui forum diskusi untuk meningkatkan kepatuhan Badan Usaha dalam penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Kegiatan yang dilaksanakan Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan ini dihadiri oleh Ketua DPD SPN Jawa Timur, Nuryanto, didampingi Wakil Ketua dan anggota Perwakilan DPD SPN Jawa Timur. 

Sedangkan dari BPJS Ketenagakerjaan dihadiri oleh Deputi Direktur Wilayah Jawa Timur, serta Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Surabaya raya, Sidoarjo, Gresik dan Mojokerto. 

Deputi Direktur Wilayah BPJamsostek Jawa Timur, Deny Yusyulian mengatakan perusahaan daftar sebagian dan perusahaan menunggak iuran memang menjadi masalah yang terus dioptimalkan penyelesaiannya.

Saat ini masih ada perusahaan yang belum patuh mengikutsertakan pekerja mereka dalam program jaminan sosial. Misalnya perusahaan yang memiliki 3.000an pekerja, tetapi yang diikutkan hanya 100 pekerja saja.

"Solusi dan formula teknis penyelesaiannya hingga pengenaan sanksi sudah jelas diatur di peraturan perundang-undangan dan kami pastikan penerapannya akan dioptimalkan tahun ini," kata Deny, Selasa (29/3/2022).

Dukungan DPD SPN Jawa Timur, lanjutnya, dalam hal pelaporan ketidakpatuhan perusahaan – perusahaan di Jawa Timur sangat dibutuhkan. Hal itu untuk memastikan seluruh pekerja sudah terdaftar pada program BPJamsostek, serta tertib iuran dibayar tepat waktu di setiap bulannya.

Deny berharap, kolaborasi BPJS Ketenagakerjaan dan DPD SPN Jawa Timur dapat berjalan dengan baik, untuk mencapai visi dan misi yang mulia yaitu memberikan perlindungan jaminan sosial kepada seluruh pekerja terutama pekerja diwilayah Jawa Timur.

"Hal ini merupakan bukti nyata negara hadir untuk memberikan kepastian perlindungan atas risiko sosial dan ekonomi bagi seluruh rakyat Indonesia," tegas Deny

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut