get app
inews
Aa Read Next : BBWS Brantas Teken Perjanjian Kerja Sama P3TGAI 2024, Fokus Transparansi dan Partisipasi Petani

Sebanyak 930 Desa di Jawa Timur Masuk Daftar Lokasi Penerima P3TGAI dari BBWS Brantas

Rabu, 06 April 2022 | 13:58 WIB
header img
KemenPUPR menggelar ‘Sosialisasi dan Arahan Kegiatan P3TGAI’ di salah satu hotel di Surabaya. (Foto: MPI)

SURABAYA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) terus mempercepat realisasi Program Padat Karya Tunai (PKT) 2022. 

Salah satunya adalah Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) yang dilaksanakan Balai Besar/Balai Wilayah Sungai pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) KemenPUPR.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, Haeruddin C. Maddi mengatakan, P3TGAI merupakan kegiatan PKT untuk membangun saluran tersier irigasi dengan luasan lahan yang diairi maksimal adalah 150 hektar. Pelaksanaannya melibatkan masyarakat petani yang tergabung dalam Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA). 

“Warga terdampak COVID-19 seperti korban PHK ataupun TKI, TKW yang pulang, dapat ikut kegiatan ini,” katanya saat memberi sambutan dalam acara ‘Sosialisasi dan Arahan Kegiatan P3TGAI’ di salah satu hotel di Surabaya, Rabu (6/4/2022).

Di wilayah kerja BBWS Brantas, tahun ini P3TGAI akan digelar di 930 lokasi atau desa yang tersebar di 254 kecamatan di 22 kabupaten/kota di Jatim. 

Diantaranya di Bangkalan,Banyuwangi, Situbondo, Kabupaten dan Kota Blitar, Bondowoso, Jember, Jombang, Kediri, Kota Batu, Lumajang, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Pamekasan, Pasuruan, Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Sumenep, Trenggalek dan Tulungagung.

Anggaran P3TGAI ditiap lokasi sebesar Rp225 juta. Anggaran untuk pembangunan fisik sebesar 87 persen atau Rp195 juta dan pendampingan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) sebesar 13 persen atau Rp30 juta. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut