get app
inews
Aa Read Next : Kolaborasi Koperasi dan Teknologi, Akses Keuangan Digital Lebih Mudah di Ujung Jari

Ketum Dekopin Untari: Koperasi Kareb Jadi Model Pengembangan Koperasi

Kamis, 07 April 2022 | 19:34 WIB
header img
Ketua Umum Kopmen SBW, Sri Untari Bisowarno mengunjungi Koperasi Kareb yang berada di Bojonegoro. (Foto: MPI)

BOJONEGORO, iNews.id - Pengurus Koperasi Konsumen Setia Budi Wanita (SBW) Malang berkesempatan mengunjungi Koperasi Kareb yang berada di Bojonegoro. Rombongan dipimpin secara langsung oleh Ketua Umum Kopmen SBW, Sri Untari Bisowarno.
 
Dalam kesempatan ini, rombongan Koperasi SBW melakukan peninjauan proses pengolahan produk tembakau. Untari mengatakan, Koperasi Kareb Bojonegoro sebagai salah satu contoh koperasi yang berhasil mengembangkan jaringan usaha bisnisnya.

Berangkat dari Koperasi Karyawan, Koperasi Kareb kemudian mampu untuk membeli BUMN produsen tembakau. Sehingga, kemudian BUMN tersebut diakuisisi oleh Koperasi Kareb dan berhasil menjalankan bisnis olahan tembakau, bahkan sudah sampai merambah pasar ekspor.

"Saya memiliki pandangan Koperasi Kareb ini bermanfaat tinggi, bagi masyarakat karena paling tidak sudah mampu untuk menampung karyawan hampir 4000 orang. Yang semuanya perempuan, bekerja di tempat penggilingan maupun di tempat pengepakan SKT," ungkap Sri Untari, Kamis (7/4/2022).

Selama berkeliling melihat prosesi mulai produksi hingga pengepakan rokok di Koperasi Kareb, Untari mengaku terkesan akan penerapan standarisasi produksi dan kebersihan di area koperasi yang sangat dijaga dengan baik.

Menurutnya, hal-hal yang telah diterapkan oleh Koperasi Kareb selayaknya dapat menjadi contoh bagi koperasi-koperasi lain khususnya di Jawa Timur. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut