get app
inews
Aa Read Next : Arus Peti Kemas TPS Naik Signifikan

Kunjungan Kapal Internasional di Surabaya Meningkat 5 Persen

Kamis, 28 April 2022 | 15:13 WIB
header img
Kunjungan kapal internasional ke Terminal Petikemas Surabaya (TPS) meningkat. (Foto: TPS for iNewsSurabaya.id)

SURABAYA, iNews.id - Kunjungan kapal internasional ke Terminal Petikemas Surabaya (TPS) meningkat. Salah satu anak perusahaan Subholding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) ini mencatat adanya peningkatan hingga 5% arus Kapal internasional melalui TPS.

Sampai dengan Maret 2022, tercatat sudah ada 204 ships call dibanding tahun sebelumnya di periode yang sama. 

Sejalan dengan peningkatan arus kapal, TPS juga telah mencatat tren positif kenaikan arus petikemas. Di tahun 2021 arus petikemas melalui TPS tercatat 1.415.644 TEUs, meningkat 2,6% dibanding periode yang sama di tahun 2020 yakni sebesar 1,379.630 TEUs. 

Dari jumlah tersebut, petikemas internasional menyumbang sebesar 1.330.047 TEUs dan petikemas domestik sebesar 85.597 TEUs.

Dengan upaya yang dilakukan, TPS mampu mempertahankan market share internasional di angka 80% di pelabuhan Tanjung Perak.

Hal ini menunjukkan bahwa TPS merupakan the preferred terminal untuk layanan petikemas internasional di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak.

Meningkatnya jumlah kapal yang sandar di  TPS ini juga didukung dengan adanya kapal-kapal baru yang datang ke TPS sejak 2 bulan terakhir ini, dengan servis barunya dan dijadwalkan akan datang secara rutin dan tentunya menambah rute baru pengiriman barang melalui TPS.

Ketiga servis baru tersebut diantaranya KPG - monthly service tujuan baru langsung ke Timur Tengah yang dioperatori oleh Kaiso Line, RSU1 - Weekly service yang dioperatori oleh RCL dan SSE - Weekly Service yang dioperatori oleh PIL.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut