get app
inews
Aa Read Next : Pastikan Subsidi Tepat Sasaran, Pertamina dan Pemkab Gresik Sidak Horeka serta Peternak Besar

Nelayan Gresik Sambut Gembira Rencana Pendirian SPBUN 

Minggu, 12 Juni 2022 | 19:19 WIB
header img
Kabar pendirian Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBUN) di area pelabuhan disambut gembira nelayan Gresik, Jawa Timur

GRESIK, iNews.id - Kabar pendirian Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBUN) di area pelabuhan disambut gembira nelayan Gresik, Jawa Timur. Mereka ingin keberadaan SPBUN tersebut menjadi solusi atas sulitnya nelayan mendapatkan bahan bakar.

Sebagai informasi, empat titik yang akan dibangun SPBUN oleh Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, yakni di Ujungpangkah, Mengare, Randuboto dan Lumpur. Langkah cepat ini menindaklanjuti permintaan nelayan yang disampaikan pada Presiden Jokowi saat kunjungan kerja ke kabupaten Gresik beberapa bulan yang lalu. Selain memenuhi kebutuhan nelayan agar dekat dengan SPBUN, Bupati Gresik juga merencanakan program kredit khusus yang memberikan kemudahan mendapatkan pinjaman di Bank Gresik.

Salah satu nelayan Ujungpangkah, Nur Kholik mengaku gembira ketika tahu akan ada SPBUN dibangun di wilayahnya. “Selama ini para nelayan membeli solar ke tengkulak. Tentu harganya ada selisih seribu per liter,” katanya, Minggu (12/06/2022).

Nur Kholik menyatakan, jika pasokan solar lancar, dia bersama nelayan lain masih bisa melaut. Namun, jika pasokan tersendat, mereka pun tidak bisa berbuat apa-apa. “Semoga ketika sudah dibangun, pasokan bisa lancar, sehingga kami bisa terus mencari ikan di laut. Tidak berpikir lagi besok cari ada solar atau tidak,” ujarnya.

Nelayan lain, Arip, berharap wacana pembangunan SPBUN ini segera direalisasikan secepatnya. Selama ini, dia membeli solar di SPBU Desa Banyutengah Panceng dan SPBU Desa Gumeng Bungah. “Tak jarang kalau beli di sana harus antre berjam-jam, kalau misal nanti ada disini kan enak, belinya dekat dan sangat memudahkan nelayan,” jelasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut