Catat! Persiapan Marathon Tidak Hanya Seputar Latihan Fisik Tetapi Juga Asupan Gizi dan Nutrisi

Ali Masduki
Road to Maybank Marathon 2022 ini menyuguhkan serangkaian pelatihan fisik dan sesi edukasi bagi para peserta. (Foto: Dok Maybank)

Berdasarkan penelitian Hawley et al (1995), rata-rata asupan gizi dan nutrisi untuk produksi energi pada atlet lari jarak jauh atau marathon pada umumnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu kebutuhan asupan Pria sebesar antara 3300-3500 kkal. Sedangkan kebutuhan asupan Wanita sebesar antara 2100-2300 kkal. 

Kebutuhan energi (kalori) dan makro nutrisi (macro-nutrient) pada atlet lari marathon dapat dipenuhi dengan pola makan sebagai berikut:

65-70 % kebutuhan energi dipenuhi melalui konsumsi karbohidrat.
10-15% kebutuhan energi dipenuhi melalui konsumsi protein.
15-20% kebutuhan energi melalui konsumsi lemak.

Menurut Ni Komang Ayu Tria Utami A.Md.Gz, Ahli Gizi, Rumah Sakit Kasih Ibu, porsi ideal asupan nutrisi setiap orang berbeda tergantung dari jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, dan kondisi kesehatan fisik. 

"Ketika tengah bersiap diri mengikuti ajang marathon, saya sarankan untuk berkonsultasi dengan ahli nutrisi atau ahli gizi guna merancang sebuah rencana asupan nutrisi yang komprehensif dan berlandaskan analisa terhadap kondisi fisik masing-masing pelari. Ingat! Pola makan yang kaya nutrisi dan jadwal makan teratur sangat penting dalam persiapan menuju lari marathon," tuturnya.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network