Pasar Induk Kota Batu, Harapan Baru Ekonomi Warga Tumbuh Pesat

Arif Ardliyanto
Gubernur Khofifah optimis keberadaan Pasar Induk Kota Batu bakal menjadi tempat perkembangan ekonomi warga. Foto iNewsSurabaya/ist

Gubernur Khofifah juga memastikan, desain dari pasar induk ini sangat aman dan nyaman. Serta desainnya memungkinkan interaksi di antara penjual dan pembeli juga dalam suasana yang aman dan nyaman karena ada banyak CCTV yang sudah disiapkan dalam jumlah cukup banyak.

“Saya memberikan apresiasi yang besar untuk desain penjual daging. Biasanya di bagian pasar basah cenderung agak kurang higienitasnya. Di sini Saya rasa dari desain yang tadi saya lihat apakah untuk daging ataukah untuk ayam secara sah higienitasnya cukup terjaga. Kemudian sirkulasi udara dan air juga sudah bisa terkoneksi langsung dengan Industri Pengelolaan Air Limbah (IPAL),” pujinya.

“Terkoneksinya limbah air dengan IPAL juga menjadi standar yang bisa diukur untuk menyatakan bahwa pasar ini sudah ramah lingkungan,” tambahnya.

Tidak sampai disitu, secara khusus Gubernur Khofifah mengajak BUMD dalam hal ini Bank Jatim untuk turut memberikan penguatan dalam sektor keuangan perbankan yang memungkinkan para pedagang mendapat akses KUR dengan bunga rendah.

“Ada pasar sayur yang buka dari jam 12 malam hingga jam 5 pagi. Saya minta agar Bank Jatim siap untuk memberikan support perbankan dari mulai jam 10 malam sampai jam 10 pagi Jadi sebelum mereka belanja, maka mereka sudah bisa mengakses Bank Jatim untuk memberikan support supaya mereka tidak terjerat rentenir,” harapnya.

Di akhir, dirinya menyampaikan, ada hal yang perlu ditambahkan sebagai pelengkap di pasar ini. Ia mengatakan perlu adanya petunjuk baik berupa LED maupun petunjuk arah berisi penjelasan tentang arah serta toko apa yang ingin di kunjungi wisatawan yang datang.

“Sehingga misalkan masyarakat ingin membeli sepatu atau mencari tempat makan mudah ditemukan oleh masyarakat, khususnya bagi mereka yang waktunya terbatas perlu akses untuk memudahkan tujuan mereka mengingat pasarnya cukup luas” katanya.

“Harapannya di bulan Mei minggu ke-3 Pasar ini sudah terselesaikan 100% dan siap diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo,” pungkasnya.



Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network