Dewan K3 Provinsi Jawa Timur Bagi Pengalaman Pembentukan Dewan K3 Provinsi Maluku

Arif Ardliyanto
Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Provinsi (DK3P) Jawa Timur mendapatkan kesempatan menjadi “role modeling” pembentukan Dewan K3 Provinsi (DK3P) di Provinsi Maluku (7/9). Foto iNewsSurabaya/ist

Edi Priyanto, Wakil Ketua DK3P Jawa Timur hadir sebagai narasumber memberikan paparan terkait praktik baik program kerja DK3P yang dijalankan oleh Provinsi Jawa Timur.  “Pendekatan program kerja DK3P Jatim diprioritaskan pada peningkatkan kesadaran pembudayaan K3 pada pengusaha, pekerja dan masyarakat dengan upaya promotif dan preventif. 

“Tentunya kami tidak bisa sendirian, dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan pengawas ketenagakerjaan, pengusaha, universitas, jurnalis, serikat pekerja dan juga generasi muda yaitu siswa sekolah dan mahasisawa untuk memberikan awareness dan engagement terkait prinsip-prinsip penerapan K3,” kata Edi.

“Guna memudahkan komunikasi dengan pekerja dan masyarakat, DK3P Jatim juga menyediakan saluran komunikasi dan informasi melalui help desk, website hingga media social,” tambah Edi.


Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Provinsi (DK3P) Jawa Timur mendapatkan kesempatan menjadi “role modeling” pembentukan Dewan K3 Provinsi (DK3P) di Provinsi Maluku (7/9). Foto iNewsSurabaya/ist

Edi juga menjelaskan perbandingan peranan DK3N dan DK3P, serta menyoroti berbagai upaya yang telah dilakukan di Indonesia untuk memperkuat keselamatan dan keselamatan kerja (K3) mulai dari sumberdaya yang tersedia, para pihak yang berperan, permasalahan dan tantangan, peluang dan capaian yang telah diperoleh.

“Pemerintah Indonesia telah menerbitkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. 18 tahun 2016 tentang Dewan K3 Nasional. Ketentuan tersebut mengamanatkan DK3N untuk mempromosikan dan melibatkan K3 di masyarakat luas untuk membangun budaya K3 di tanah air. Dewan K3 di tingkat Provinsi memiliki mandat serupa untuk mensosialisasikan K3 di tingkat Provinsi sejalan dengan arah kebijakan K3 Nasional” pungkas Edi.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network