Dosen Unair Edukasi Catatan Keuangan dan Sertifikasi Halal kepada Pelaku UMKM di Kediri

Ali Masduki
Pengabdian masyarakat Dosen dan Mahasiswa di Desa Setonorejo, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Foto/Istimewa

KEDIRI, iNewsSurabaya.id - Tim Dosen dan Mahasiswa dari Universitas Airlangga melakukan Edukasi Catatan Keuangan dan Sertifikasi Halal kepada para pelaku UMKM di Kediri. Edukasi tersebut merupakan rangkaian dari program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Desa Setonorejo, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Desa Setonorejo merupakan salah satu desa kreatif yang ada di Kabupaten Kediri. Di desa ini, banyak warganya yang memiliki usaha industri seperti konveksi dan makanan. 
 
Sebagaimana diketahui, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam perekonomian global. Mereka adalah tulang punggung pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional. 

Namun, seringkali UMKM mengabaikan beberpa hal penting yang dapat memajukan usaha mereka, seperti catatan laporan keuangan dan sertifikasi halal. 

Sebagai upaya dalam mengatasi permasalahan ini, Tim Dosen dan Mahasiswa dari Universitas Airlangga mengadakan pengabdian masyarakat, dimana pada beberapa agenda kegiatan tersebut membahas materi mengenai Laporan Keuangan dan Sertifikasi Halal pada UMKM. 

Acara dibuka pada pukul 09.00 WIB dan dilanjutkan pembahasan materi mengenai Laporan Keuangan UMKM. Materi ini disampaikan oleh Dian Filianti, SE., M.Acc yang merupakan salah satu Dosen dari FEB Universitas Airlangga serta memiliki konsentrasi ilmu pada akuntansi keuangan

Sebelum penyampaian materi, Dian memberikan pertanyaan pada warga apakah mereka telah melakukan pencatatan keuangan pada usaha yang mereka miliki. 

Jawaban mengejutkan datang dari warga, dimana mereka menjawab belum ada yang melakukan pencatatan keuangan. 

Padahal pencatatan keuangan sangat berguna bagi pelaku usaha untuk mengetahui modal dan utang yang dimiliki. 

Materi dilanjutkan oleh Dian dengan menyampaikan beberapa hal mengenai pentingnya melakukan pencatatan keuangan. 

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network