Pelabuhan Laut Tanjung Wangi Dilengkapi Jembatan Timbang, Bambang Haryo Tekankan ASDP Harus Tiru

Ali Masduki
Bambang Haryo Soekartono meninjau dermaga Landing Craft Machine (LCM), di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Foto/iNewsSurabaya

Menurut anggota komisi V DPR-RI periode 2014-2019, saat meninjau pelabuhan laut Pelindo, bahwa kedalaman laut pada dermaga tersebut 14 meter. Hal itu, kata BHS merupakan pelabuhan alam dan sudah bisa menampung kapal-kapal generasi ketiga yang panjangnya 300 meter.

Namun panjang dermaga dari dari pelabuhan laut tersebut masih kurang, hanya sekitar 500 meter. Sehingga kapal generasi ketiga susah sandar lebih dari satu kapal dan tempat sandaran pelabuhan laut lantaran sering overload. Apalagi di pelabuhan belum dilengkapi dengan overhead crane, sehingga ketika bongkar muat di pelabuhan untuk kontainer masih belum memenuhi syarat. 

"Saya harapkan segera dibangun alat angkat dan perpanjangan dermaga untuk antisipasi jalur internasional tersebut. Juga logistik domestik yang dihubungkan dengan kawasan industri yang ada di Banyuwangi, maka pelabuhan tersebut akan menarik bagi kapal-kapal domestik dan internasional kalau sarana infrastrukturnya sudah dilengkapi dengan baik," tutup BHS.



Editor : Ali Masduki

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network