Bumil Bahagia, Aplikasi Pendamping Ibu Hamil dan Pasca Melahirkan

Ali Masduki
Tampilan cover buku Bumil Bahagia The Series yang ditulis oleh dr Nur Lailatul Fadhilah SpOG MKedKlin, versi cetak dari aplikasi Bumil Bahagia

SURABAYA, iNews.id - Dosen Departemen Sistem Informasi (SI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggagas aplikasi pendamping ibu hamil dan pascamelahirkan, Bumil Bahagia.

Dosen pembimbing Proyek Aplikasi, Retno Aulia Vinarti menjelaskan, aplikasi Bumil Bahagia memiliki fitur unggulan untuk mendeteksi risiko preeklamsia, yaitu  peristiwa peningkatan tekanan darah di trimester akhir kehamilan. 

“Dengan aplikasi Bumil Bahagia, ibu dapat mendeteksi risiko preeklamsia melalui cek tekanan darah, riwayat kehamilan serta berbagai indikasi dan tips yang disajikan,” paparnya. 

Tak hanya itu, terdapat juga topik-topik diskusi seputar kondisi selama masa kehamilan untuk dikonsultasikan ke dokter kandungan serta fitur perhitungan risiko depresi postpartum (PPD), atau depresi pascamelahirkan. 

“Fitur pendeteksi PPD ini juga menjadi keunggulan aplikasi Bumil Bahagia karena belum ada di aplikasi yang sejenis,” jelas perempuan yang akrab disapa Vivin tersebut.

Dalam proses pengembangan aplikasi, timnya juga bekerja sama dengan dokter kandungan, dr Nur Lailatul Fadhilah SpOG MKedKlin dan dokter spesialis kejiwaan, dr Azimatul Karimah SpKJ. 

“Aplikasi ini dapat digunakan oleh para ibu sejak awal kehamilan hingga sekitar tiga bulan pascamelahirkan,” imbuhnya.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network