Taklukan Benfica, Asa Menuju Semifinal Liga Champions Liverpool Terbuka Lebar

Ambar Supriyanto
Liverpool secara meyakinkan berhasil menghajar tim tuan rumah Benfica dalam babak delapan besar Liga Champions

SURABAYA, iNews.id - Liverpool secara meyakinkan berhasil menghajar tim tuan rumah Benfica dalam babak delapan besar Liga Champions 2021/2022 leg pertama. The Reds menang dengan skor meyakinkan 3-1 atas Benfica.

Bertanding di kandang Benfica, di Stadion Estadio da Luz, Portugal, Rabu dinihari (6-4-2022) Liverpool tampil lebih dominan atas Benfica. Sadio Mane dkk berhasil menaklukkan perlawanan tim tuan rumah Benfica dengan skor 1-3. Tiga gol kemenangan The Reds di cetak oleh Ibrahima Konate di menit ke-17, Sadio Mane di menit ke-34 dan gol penutup Luis Diaz di menit ke-87. Sedangkan gol Benfica di cetak oleh Darwin Nunez di menit ke-48.

Kemenangan tersebut membuat satu kaki Liverpool berada di babak Semifinal Liga Champions. Sadio Mane dkk hanya membutuhkan hasil imbang saat menjamu Benfica di leg kedua di Anfield Stadium.

Babak pertama, Liverpool yang melawat ke markas Benfica berhasil mendominasi permainan atas tim tuan rumah sejak babak pertama dimulai. Menit ke-17 The Reds berhasil mencetak gol melalui sundulan kepala Ibrahima Konate memanfaatkan sepak pojok Andrew Robertson. Sundulan Konate tidak mampu diselamatkan oleh penjaga gawang Benfica, Odisseas Vlachodimos, skor 0-1 untuk Liverpool.

Menit ke-23 Liverpool mendapat peluang emas melalui sontekan Luis Diaz, namun sontekan Diaz berhasil ditangkap dengan baik oleh Odisseas Vlachodimos. Menit ke-34 Liverpool berhasil menambah keunggulan melalui Sadio Mane. Berawal umpan panjang Naby Keita ke arah Luis Diaz yang merengsek ke dalam kotak penalti Benfica. Luis Diaz memberi umpan sundulan ke arah Sadio Mane yang berdiri bebas di mulut gawang Benfica, dengan mudah Mane menceploskan bola ke dalam gawang Odisseas Vlachodimos, skor 0-2 untuk keunggulan The Reds atas Benfica.

Tertinggal 0-2 membuat tim tuan rumah Benfica bangkit dengan keluar menyerang. Menit ke-36 Benfica mengancam gawang Liverpool, yang dikawal Allison Becker melalui tendangan Everton dari luar kotak penalti, namun tendangan Everton mengarah tepat di pelukan penjaga gawang, Allison Becker.

Jelang babak pertama usai Liverpool mendapat peluang emas melalui sontekan Muhamed Salah. Menerima umpan panjang dari lini tengah, Salah yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang, Odisseas Vlachodimos. Namun sayang sontekan Salah berhasil diblok oleh Odisseas Vlachodimos, sampai akhir babak pertama skor 0-2 untuk keunggulan Liverpool atas Benfica tetap bertahan.

Babak kedua, Benfica langsung mengambil inisiatif menyerang pertahanan The Reds sejak babak kedua dimulai. Laga babak kedua baru berjalan tiga menit, tepatnya menit ke-48 pendukung tim tuan rumah bergemuruh menyambut gol Darwin Nunez. Berawal umpan silang Rafa Silva yang gagal di antisipasi oleh Ibrahim Konate, bola jatuh di kaki Darwin Nunez yang berdiri bebas dimulut gawang Liverpool. Tanpa berpikir panjang Nunez mengirim bola masuk ke dalam gawang Liverpool dan tidak mampu diselamatkan oleh Allison Becker, skor berubah menjadi 1-2.

Berhasil menipiskan ketertinggalan membuat Pemain Benfica semakin bersemangat untuk menyerang pertahanan Liverpool. Menit ke-59 Benfica mendapat peluang emas di dapat melalui tendangan keras Everton, namun sayang Allison Becker berhasil menepis tendangan Everton. Menit ke-87 Liverpool berhasil mencetak gol melalui Luis Diaz memanfaatkan umpan terobosan Baby Keita, berhasil melewati penjaga gawang Odisseas Vlachodimos, dengan mudah Luis Diaz menceploskan bola ke dalam gawang yang kosong, skor 1-3 untuk Liverpool.

Menit ke-90+6 Liverpool mendapat peluang emas melalui tendangan Diogo Jota memanfaatkan umpan terobosan Milner, namun sayang tendangan Jota berhasil di blok oleh Odisseas Vlachodimos, sampai akhir babak kedua skor 1-3 untuk kemenangan Liverpool atas Benfica tetap bertahan.

Susunan Pemain: 

Benfica : Odisseas Vlachodimos, Gilberto Junior, Nicolas Otamendi, Jan Vertonghen, Alex Grimaldo, Rafa Silva, Adel Taarabt, Julian Weigl, Everton, Goncalo Ramos, Darwin Nunez.

Liverpool : Allison Becker, Andrew Robertson, Virgil van Dijk, Ibrahima Konate Trent Alexander-Arnold, Fabinho, Tiago Alcantara, Naby Keita, Sadio Mane, Luis Diaz, Mohamed Salah.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network