Kemenangan Dramatis Real Madrid Menuju Final, Singkirkan Manchester City Lewat Tambahan Waktu

Ambar Supriyanto
Real Madrid menunjukkan mental juaranya di Liga Champions saat menjamu tamunya Manchester City

SURABAYA, iNews.id - Real Madrid menunjukkan mental juaranya di Liga Champions saat menjamu tamunya Manchester City di leg kedua babak semifinal Liga Champions 2021/2022. Los Blancos berhasil menyingkirkan Man City melalui babak tambahan waktu dengan skor 3-1 dan agregat 6-5 untuk kemenangan Real Madrid atas Manchester City.

Bermain di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Kamis dinihari (5-5-2022) Real Madrid berhasil melaju ke babak final Liga Champions secara dramatis setelah menyingkirkan The Citizenz. Betapa tidak di leg pertama kalah 4-3 di markas Man City dan tertinggal 0-1 hingga menit ke-89 Real Madrid berhasil melakukan comeback gemilang dengan skor 3-1. Tiga gol kemenangan Real Madrid di cetak oleh Brace Rodrygo di menit ke-90 dan menit ke-91 dan Karim Benzema (P) dibabak tambahan waktu di menit ke-95. Sedangkan gol Man City di cetak oleh Riyad Mahrez.

Kemenangan tersebut mengantarkan Real Madrid melaju ke babak final Liga Champions 2021/2022 menghadapi Liverpool yang melaju ke babak final usai menyingkirkan Villareal dengan agregat 5-2.

Babak pertama, Real Madrid bermain agresif sejak babak pertama dimulai. Los Blancos mencoba mendominasi permainan sejak menit awal babak pertama, namun Manchester City melakukan strategi pressing ketat di area pertahanan Real Madrid.

Laga memasuki sepuluh menit awal babak pertama The Citizenz berhasil keluar dari tekanan pemain Real Madrid. Menit ke-14 Man City mengancam melalui tendangan keras kaki kiri Kevin De Bruyne, namun tendangan De Bruyne mengarah tepat diperlukan penjaga gawang Real Madrid, Thibout Courtois. Lima menit kemudian giliran Bernardo Silva yang mengancam gawang Los Blancos, menerima umpan terobosan dari lini tengah Silva melepas tendangan keras dari dalam kotak penalti, namun Thibout Courtois berhasil menepis dengan gemilang tendangan Silva.

Menit ke-26 Real Madrid mencoba mengancam gawang Man City melalui tendangan bebas Toni Kroos. tendangan Kroos sempat mengenai pagar hidup yang di buat pemain Man City, namun bola melenceng tipis di sisi kiri gawang Man City, yang di kawal Ederson Moraes dan hanya menghasilkan sepak pojok. Menit ke-37 Manchester City mendapat peluang melalui tendangan keras Phil Foden dari luar kotak penalti, namun sayang tendangannya berhasil di tepis Thibout Courtois.

Di sisa waktu yang ada kedua tim tidak mampu mencetak gol, sampai akhir babak pertama skor imbang 0-0 tetap bertahan.

Babak kedua, Real Madrid langsung tancap gas memasuki babak kedua. Laga belum genap satu menit Los Blancos mendapat peluang emas melalui sontekan Vinicius Junior. Dani Carvajal yang menerima umpan panjang dari lini tengah melepas umpan silang mendatar di mulut gawang Man City. Vinicius yang berdiri bebas berhasil menyontek umpan Carvajal, namun sayang sontekan Vini melenceng tipis di sisi kanan gawang Ederson.

Memasuki sepuluh menit awal babak kedua pertandingan berlangsung ketat dan alot, kedua tim bermain terbuka. Menit ke-73 Man City berhasil mencetak gol melalui tendangan keras kaki kiri Riyad Mahrez memanfaatkan umpan Bernardo Silva, skor 0-1 untuk keunggulan Manchester City atas Real Madrid, agregat berubah menjadi 5-3 untuk keunggulan Manchester City.

Tersengat gol tim tamu, Carlo Ancelotti melakukan perubahan dengan menarik Casemiro dan Luca Modric di gantikan Rodrygo dan Eduardo Camavinga. Strategi tersebut nampak berbuah positif bagi permainan El Real. Menit ke-90 Real Madrid berhasil menyamakan kedudukan melalui sontekan pemain pengganti Rodrygo memanfaatkan umpan Karim Benzema, skor 1-1 dan agregat berubah menjadi 4-5 untuk keunggulan Man City.

Menit ke-90+1 Los Blancos berhasil membalikkan keadaan melalui gol kedua Rodrygo. Menerima umpan silang Dani Carvajal sundulan Rodrygo berhasil bersarang ke dalam gawang Ederson Moraes, skor 2-1 untuk Real Madrid dan agregat berubah menjadi 5-5 dan sekaligus menutup babak kedua untuk keunggulan Real Madrid atas Manchester City dan pertandingan di lanjutkan di babak waktu tambahan.

Babak pertama tambahan waktu, Kedua tim bermain terbuka di menit awal babak pertama tambahan waktu. Menit ke-95 Real Madrid berhasil menambah keunggulan melalui tendangan penalti Karim Benzema. Penalti diberikan wasit setelah Karim Benzema dilanggar oleh Ruben Diaz di dalam kotak penalti. Benzema yang maju sebagai ekspresi tendangan penalti berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, skor 3-1 untuk keunggulan Real Madrid atas Manchester City dan agregat berubah menjadi 6-5 untuk Los Blancos.

Jelang tambahan waktu babak pertama usai Manchester City mendapat peluang emas melalui sundulan Phil Foden memanfaatkan umpan silang Rodri, namun sayang sundulan Foden berhasil ditepis dengan gemilang Thibout Courtois, sampai tambahan waktu babak pertama berakhir skor 3-1 untuk keunggulan Real Madrid atas Manchester City tetap bertahan dan agregat 6-5 untuk Los Blancos.

Tambahan waktu babak kedua, Manchester City yang tertinggal 3-1 langsung bermain agresif untuk menyerang pertahanan Real Madrid. Sedangkan tim tuan rumah lebih fokus untuk merapatkan barisan pertahanan. Serangan bertubi-tubi dilancarkan pemain Man City ke jantung pertahanan Real Madrid, namun sampai tambahan waktu babak kedua berakhir tidak ada gol yang tercipta, skor 3-1 untuk kemenangan Real Madrid atas Manchester City tetap bertahan dan Los Blancos lolos ke babak final dengan agregat 6-5 atas Manchester City.

Susunan Pemain :

Real Madrid : Thibaut Courtois, Dani Carvajal, Eder Militao, Nacho, Ferland Mendy, Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos, Federico Valverde, Karim Benzema, Vinicius Junior.

Manchester City : Ederson Moraes, Joao Cancelo, Aymeric Laporte, Ruben Dias, Kyle Walker, Rodri, Bernardo Silva, Kevin De Bruyne, Riyad Mahrez, Gabriel Jesus, Phil Foden.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network