get app
inews
Aa Read Next : Kolaborasi Koperasi dan Teknologi, Akses Keuangan Digital Lebih Mudah di Ujung Jari

Koperasi di Surabaya ini Tawarkan Pembiayaan Haji dan Umroh Tanpa Bunga

Jum'at, 24 Juni 2022 | 09:31 WIB
header img
Pengembangan koperasi ini untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada jamaah yang hendak mendaftar haji atau umroh. (Foto: Lukman)

SURABAYA, iNews.id - Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Gerbang Energi Nasional menginisiasi pembiayaan atau talangan haji dan umroh tanpa bunga. 

Dimana calon jamaah haji dan umroh yang mengajukan pembiayaan lewat koperasi tersebut, bisa mendapat dana talangan tanpa bunga. Cicilannya pun bisa diakukan sepulang jamaah dari tanah suci.

Kepala Kantor Pusat Operasional Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Gerbang Energi Nasional, Indah menjelaskan, jika calon jamaah umroh harus membayar sebesar Rp 25 juta, mereka cukup membayar down payment (DP) sebesar Rp10 juta. Sisanya bisa dicicil setelah mereka melaksanakan ibadah umroh tersebut, tanpa bunga. 
"Jadi memang tidak ada bunga. Konsep kami bebas dari riba," ujar Hj.Indah saat ditemui di kantornya, Jalan Jawa, Gubeng, Surabaya, Kamis (23/6/2022).

Hj Indah menjelaskan, skema serupa juga diterapkan bagi jamaah yang khendak melaksanakan ibadah haji. Dimana koperasi yang dipimpinnya melayani pendaftara haji furoda. 

Haji furoda adalah haji yang visanya diperoleh dari Kerajaan Arab Saudi di luar kuota haji yang ditetapkan oleh Kemenag RI.

Dia menambahkan, untuk pelaksanaan haji furoda, dana talangan yang digunakan berasal dari investor yang telah bekerja sama dengan koperasi. Dimana pihaknya telah bekerja sama dengan investor dari Dubai dan Arab Saudi. 

"Calon jamaah haji tinggal membayar DP, dan sisanya dibayar setelah menjalankan ibadah haji, juga tanpa bunga,"ujarnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut