Logo Network
Network

10 Makanan Khas Ngajuk yang Patut Dicoba, Ada Onde-Onde Ketawa hingga Kerupuk Upil

Novie Fauziah
.
Minggu, 03 Juli 2022 | 10:15 WIB
10 Makanan Khas Ngajuk yang Patut Dicoba, Ada Onde-Onde Ketawa hingga Kerupuk Upil
Ada 10 oleh-oleh khas Nganjuk yang paling populer. Kabupaten di Jawa Timur ini memiliki beragam tempat wisata hingga kuliner khas

SURABAYA, iNews.id - Jawa Timur memiliki wilayah-wilayah dengan makanan khas berbeda-beda. Di Nganjuk terdapat makanan khas rakyat yang patut untuk dicoba dan sangat populer.

Tercatat ada 10 oleh-oleh khas Nganjuk yang paling populer. Kabupaten di Jawa Timur ini memiliki beragam tempat wisata hingga kuliner khas. Tersedia juga sederet buah tangan yang bisa dibawa pulang saat berkunjung ke Nganjuk.

Berikut rekomendasi sebagaimana dirangkum dari beberapa sumber :

1. Kerupuk Upil

Jika Anda penikmat kerupuk, oleh-oleh khas Nganjuk ini bisa jadi pilihan untuk dibawa sebagai buah tangan. Daerah yang dijuluki Kota Angin ini mempunyai kerupuk yang wajib dicicipi. Menariknya, ukurannya yang kecil dan cara pengolahannya menjadi daya tarik kerupuk khas Nganjuk ini.

Umumnya kerupuk digoreng memakai minyak, tapi kerupuk Upil ini hanya menggunakan pasir. Pasir digunakan untuk menggoreng kerupuk tersebut. Meskipun menggunakan pasir, tapi rasanya tak kalah gurih dan enak.

 ilustrasi

10 oleh-oleh khas Nganjuk yang paling populer termasuk kerupuk

2. Dumbleng

Selanjutnya adalah dumbleng. Merupakan makanan khas Nganjuk ini berbahan dasar tepung beras. Kemudian diolah bersama dengan santan, gula merah, dan gula pasir.

Setelah semua bahan tersebut menjadi adonan, maka adonan dumbleng akan dimasukkan ke dalam pelepah pinang. Sebelum adonan tersebut dimasukkan, bagian pinggir pelepah pinang akan dijahit dulu dengan tali rafia.

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini